PASJABAR

69 Warga Jabar Transmigrasi ke Aceh dan Kalteng

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Sebanyak 69 transmigran dari 19 kepala keluarga asal Jabar berangkat menuju Aceh dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Transmigran yang menuju Aceh akan tinggal di Kabupaten Simeuleu sedangkan di Kalteng di Kabupaten Kapuas.

“Transmigran Jawa Barat bagus-bagus. Anak-anaknya ada yang jadi anggota DPRD, ada yang jadi Direktur PDAM Jayapura itu adalah buah dari keberhasilan orang tuanya sebagai transmigran mudah-mudahan ini menjadi penyemangat,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengantarkan transmigran di Aula Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (13/12/2021).

Dengan itikad baik dan semangat kuat, Kang Emil sapaan akrabnya yakin para transmigran ini bisa sukses di daerah tujuan. Kang Emil berpesan agar pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat dari pelatihan, bisa diterapkan di lokasi transmigrasi.

Para transmigran juga diminta, untuk tetap mempertahankan nilai dan tradisi masyarakat Jabar, terutama tetap menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar di daerah penempatan.

Mendatang program transmigrasi ini juga, akan terus dilakukan dengan mengirimkan SDM Jabar ke daerah yang membutuhkan. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka (TPT) dengan perluasan lapangan pekerjaan.

“Program transmigrasi masih jalan, kita mengirimkan ke Aceh dan ke Kalimantan Tengah. Ada penurunan tingkat pengangguran sebenarnya dari 10,4 % di tahun 2020 saat COVID sekarang hanya 9,6 %. Ini mengindikasikan ada penambahan 240 ribu lapangan pekerjaan selama setahun yang kita upayakan,” kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

Ia menjelaskan, definisi perluasan lapangan kerja ini tidak hanya menambah lowongan pekerjaan. Tapi meluaskan mereka-mereka yang belum bekerja, untuk memilih program transmigrasi di wilayah-wilayah Indonesia. Difasilitasi provinsi, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Kementerian Desa. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

12 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago