PASBISNIS

Jabar Ajak Pengusaha Amerika Serikat untuk Investasi

ADVERTISEMENT

BANDUNG. WWW.PASJABAR.COM Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), mengundang investor global untuk berinvestasi di Jabar. Salah satunya kepada para pengusaha Amerika Serikat untuk menanamkan modal di Jabar.

“Saya mengundang para investor Amerika Serikat, untuk berinvestasi di Jawa Barat,” kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dikutip dari rilisnya, Selasa (14/12/2021).

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menyebutkan, Jabar memiliki potensi yang sangat besar. Dari sisi market, Jabar memiliki jumlah penduduk yang terbesar di Indonesia.

Dari sisi ekonomi, Jabar juga mencatatkan kinerja yang baik. Misalnya pada semester I-2021, ekonomi Jabar berhasil tumbuh 6,13 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Sedangkan dari sisi investasi, Jabar terbaik di Indonesia. Per semester I-2021, investasi yang masuk ke Jabar mencapai USD5,17 miliar.

“Saya sangat bahagia, saya laporkan bahwa investasi Jawa Barat juara se-Indonesia. Pada semester I-2021 realisasi investasi Jabar sudah USD5,17 miliar. Pertumbuhan ekonomi kami 6,13 persen pada semester I-2021,” imbuh Kang Emil.

Apalagi, kata Kang Emil, Jabar akan mengembangkan Kawasan Rebana. Ada 43,913 hektare (ha) lahan tersedia yang meliputi wilayah Subang, Indramayu, Cirebon hingga Majalengka.

Pertama, Jabar memiliki salah satu bandara terbesar yakni Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang ada di Kertajati.

Bandara ini siap menyambut para investor menyusul akan tersambungnya BIJB dengan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Selain itu, Jabar juga akan memiliki salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia yang terletak di Patimban.

“Kualitas infrastruktur lebih baik. Kami membangun tol, akan ada jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung ke Bandara Kertajati. Jadi bandara kami siap untuk aktivitas bisnis. Kami punya pelabuhan terbesar di Indonesia yaitu Patimban. Dan banyak alasan lain,” tuturnya.

Para investor yang masuk juga, akan didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Berdasarkan survei, SDM Jabar merupakan salah satu yang paling produktif sehingga banyak investor tertarik berinvestasi di Jabar. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

51 menit ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago