HEADLINE

Fikom Unpad Hadirkan Disabisa untuk Teman Difabel

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad dan Pusat Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Unpad, mengembangkan laman “Disabisa”. Tujuannya sebagai usaha menanamkan semangat positif, kepada teman difabel. Keterbatasan bukan berarti penghalang, untuk tampil dan menjadi pembicara ulung.

Pengembangan Laman “Disabisa” diinisiasi dan dikelola, empat dosen Fikom Unpad yaitu Dr. Ira Mirawati, M.Si., Putri Limilia, M.Si., Jimi Narotama Mahameruaji, M.Si., serta Dr. Herlina Agustin, M.T. “Disabisa” dikembangkan untuk membantu teman disabilitas dalam menemukan, mengeksplorasi, dan melatih kemampuan public speaking-nya.

“Jika mereka memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain, mereka akan memiliki kemampuan untuk menjadi penyaji efektif,” kata Ira dikutip dari laman Unpad, Jumat (17/12/2021).

Dalam laman “Disabisa” terdapat video ajar yang dirancang untuk memandu teman disabilitas. Dalam menyadari kesempatan dirinya menjadi pembicara, menemukan kelebihan dalam diri, memahami berbagai profesi relevan yang dapat dijalani kelak, melatih kemampuan menyampaikan materi, melatih suara, hingga melatih penggunaan bahasan nonverbal.

“Pada tahun pertama, inovasi ini ditujukan terlebih dahulu untuk difabel netra dan teman daksa,” katanya.

“Dengan adanya Disabisa, semoga para penyandang disabilitas dapat mengaksesnya kapanpun dan di manapun dengan komputer atau smartphone yang mereka miliki,” ucapnya.

Laman ini dibangun dengan dukungan hibah inovasi pembelajaran dan teknologi asistif bagi mahasiswa berkebutuhan khusus ditjen dikti. Disabisa dapat diakses di https://disabisa.unpad.ac.id/. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Prediksi MotoGP Jepang 2024: Duel Sengit Acosta vs Bagnaia

WWW.PASJABAR.COM -- MotoGP Jepang 2024 akan berlangsung di Sirkuit Motegi, Minggu (6/10) pukul 12 WIB…

32 menit ago

Pemain Persib Ini Langsung Gabung Dengan Timnas ke Bahrain

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemain Persib Dimas Drajad, langsung gabung dengan Timnas ke Bahrain, setelah kepulangan…

12 jam ago

Peringatan HUT TNI Jabar Dipusatkan di Makodam III Siliwangi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peringtan HUT TNI Jawa Barat dipusatkan di Makodam III Siliwangi, Sabtu (5/10/2024).…

13 jam ago

Kampus Merdeka, Prodi Bahasa Indonesia Unpas Kerjasama dengan PT PKM

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Raih program Kompetensi Kampus Merdeka Kemenristekdikti, Prodi Bahasa Indonesia FKIP Universitas Pasundan…

15 jam ago

Ricuh Laga Persib vs Persija, PSSI Jatuhkan Sanksi Denda Rp295 Juta untuk Panitia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menjatuhkan sanksi denda sebesar Rp295 juta…

16 jam ago

Film Conjurig Siap Sapa Penonton Tanah Air 2025 Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Aktor Dito Darmawan sebagai pemeran utama bakal beradu akting dengan penyanyi Maizura…

17 jam ago