PASJABAR

Jabar Punya 50 Kampung Adat, Ini Langkah Pemprov untuk Menjaganya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyebutkan, terdapat 50 kampung yang masuk dalam kampung adat. Untuk itu, perlu dilakukan pelestarian.

Hal itu dikatakan Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, saat meluncurkan film pendek, buku, dan video profil masyarakat adat sekaligus memberikan penghargaan kepada pemenang “Lomba Festival Desa dan Cerita Desa” secara virtual dari Gedung Pakuan Kota Bandung, Kamis (16/12/2021).

Kang Emil menuturkan, tatanan kehidupan masyarakat kampung adat yang tersebar di Jabar, dapat menjadi inspirasi generasi muda sebagai penerus bangsa.

Menurutnya ada banyak nilai di kampung adat, yang dapat dipetik dan dijadikan pelajaran. Salah satunya adalah kehidupan yang harmonis.

“Saya juga mengapresiasi Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) yang terus mengawal pembangunan secara kolaboratif. Kita juga terus memperjuangkan perlindungan terhadap masyarakat hukum adat ini, untuk ditindaklanjuti Pemkab sehingga memiliki legalitas,” imbuhnya.

Melalui kegiatan tersebut, Kang Emil berharap generasi muda, khususnya pelajar, dapat mengenal kampung adat yang berada di Jabar. Meski pembelajaran tatap muka masih berlangsung terbatas, tetapi edukasi mengenalkan kebudayaan harus terus diberikan.

“Ini membuktikan setiap waktu kita terus mendorong potensi dan prestasi. Kita terus mengenalkan upaya ini agar budaya ini tetap lestari dan pengenalan kepada anak sekolah ini kita dukung film dokumenter, buku untuk menjadi inspirasi kita semua,” katanya.

Kang Emil juga berharap, festival desa dan cerita desa dapat menjadi penyemangat bagi semua pihak untuk intens membangun desa. Apalagi, desa-desa di Jabar memiliki potensi yang besar.

Dalam acara tersebut, Kang Emil memberikan apresiasi kepada Desa Simpang, Kabupaten Tasikmalaya, yang berhasil naik kelas menjadi desa mandiri, berupa satu unit Maskara (mobil aspirasi kampung juara).

“Festival desa dan lomba cerita desa yang telah dilaksanakan juga diharapkan, menjadi penyemangat bagi kita semua. Untuk terus membangun desa dengan segudang kekayaan di desa, untuk menaikkan indeks desa membangun dan mewujudkan desa mandiri,” ucapnya. (ytn)

 

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

3 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

11 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

12 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

12 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago