PASNUSANTARA

Persembahan IKANO UNPAD Untuk Negeri Dalam Buku Pengembangan Hukum Nasional

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Ikatan Keluarga Alumni Notariat (IKANO) Universitas Padjadjaran (UNPAD) senantiasa berupaya memberikan kontribusi nyata dalam berbagai bidang, salah satunya keilmuan.

Begitu terang Kaprodi Magister Kenotariatan Universitas Padjadjaran Dadang Epi Sukarsa, SH.,MH., Sabtu (18/12/2021) saat peluncuran buku “Pokok – Pokok Pemikiran IKANO UNPAD Bagi Pengembangan Hukum Nasional” sekaligus Endowment Fundraising atau Penggalangan Dana Abadi UNPAD.

Buku “Pokok – Pokok Pemikiran IKANO UNPAD Bagi Pengembangan Hukum Nasional” ditulis oleh beberapa pakar, akademisi dan praktisi di bidang hukum.

“Saya ucapkan selamat kepada IKANO dalam peluncuran buku ini, semoga akan bermanfaat bagi ilmu hukum baik secara praktis maupun teoritis bagi notaris dan PPAT,” ujarnya yang juga turut menjadi editor dalam buku tersebut.

Dadang berharap buku ini dapat lebih luas lagi menjangkau berbagai kalangan termasuk mahasiswa dan ke depan dapat dilahirkan buku-buku baru.

Sedangkan, Ketua Dewan Penasihat IKANO UNPAD yang juga Notaris / PPAT, Badar Baraba, SH.,MH., mengatakan hukum di dunia ini selalu berkembang maka dari itu harus diuprade, salah satunya lewat peluncuran buku yang memuat pokok-pokok pemikiran dalam perkembangan hukum terbaru.

“Kegiatan ini yang tampaknya hiburan, tapi sarat makna, yang pertama kegiatan dana abadi yang digunakan untuk beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu, ke dua kita juga menyumbangkan pemikiran kepada dinas intansi dengan pemikiran keilmuan yang ditulis melalui book chapter, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, notaris dan kontributor Book Chapter, Dr. Habib Adjie S.H. M.Hum mengatakan bahwa ia menulis terkait sengketa tanah.

“Saya menulis tentang penyelesaian sengketa tanah yang tidak harus datang ke pengadilan, tapi bisa ke arbitrase, notaris punya kemampuan untuk melakukannya, dan hal ini sebagai sosialisasi sebagaimana UU no 30 tahun 1999. Harapannya mudah-mudahan tulisan ini bisa dibaca kalangan notaris dan PPAT,” tuturnya.

Notaris dan kontributor Book Chapter lainnya, Dr. Wira Franciska S.H M.H menambahkan bahwa ia menulis tentang kepastian hukum.

“Saya menulis tentang peraturan kepastian hukum terkait tanah, semoga bisa menjadi panduan pembaca terkait jaminan dan peralihan tanah,” ucapnya.

Sementara itu, Notaris dan
kontributor Book Chapter lainnya Dr. I. Made Pria Dharsana S.H, M.Hum mengatakan bahwa peluncuran buku ini adalah bentuk apresiasi kepada IKANO UNPAD untuk meningkatkan literasi dan kemampuan menulis alumni dalam menuangkan buah pikirannya dan sebagai sumbangsih.

“Saya menyumbangkan tulisan terkait dampak pandemi terhadap ekonomi, sebab kita ketahui pandemi ini sangat luar biasa menurunkan daya beli masyarakat dan iklim investasi. Nah.. kemudian bagaimana kita mengambil nilai yang positif atau hikmah dari kejadian. Semoga bisa menumbuhkan semangat kita dalam membangun ekonomi di tengah pandemi,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

8 jam ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

9 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

10 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

11 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

12 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

13 jam ago