HEADLINE

Unpad Duduki Peringkat ke-11 Kampus Berkelanjutan Versi UI Greenmetric

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Unpad berada pada peringkat ke-11, sebagai kampus berkelanjutan terbaik nasional atau naik tiga peringkat dari tahun sebelumnya. Dalam pemeringkatan UI Greenmetric 2021.

Kepala Pusat Keselamatan, Keamanan, dan Ketertiban Lingkungan Unpad Dr. Teguh Husodo, M.Si., mengatakan pemeringkatan UI Greenmetric bukanlah sekadar penilaian kinerja berbasis angka. Lebih dari itu, pemeringkatan ini merupakan refleksi bagi perguruan tinggi dalam mengimplementasikan kampus berkelanjutan dalam setiap aktivitas pengelolaan kampus.

“Lebih riilnya, kampus berkelanjutan bisa diwujudkan dan melibatkan seluruh sivitas akademika,” katanya dikutip dari laman Unpad, Senin (20/12/2021)

Ia menjelaskan, secara umum kinerja Unpad terhadap enam indikator yang dinilai dalam pemeringkatan tersebut mengalami kenaikan.

Enam indikator yang dinilai meliputi setting infrastructure, energy and cilmate change, waste, water, transportation, dan education.

“Alhamdulillah dari kenaikan setiap indikator itu, total skor kita mencapai kenaikan hampir 450 poin. Artinya kinerja Unpad sudah makin baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Teguh mengatakan, skor Unpad pada indikator energy and climate change dan water masih belum meningkat dengan baik. Untuk itu, beberapa strategi akan mulai dilakukan di tahun depan.

Salah satu langkah yang dilakukan, membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di 13 gedung di kampus Jatinangor. Juga pengembangan pembangkit listrik bertenaga angin/bayu.

Pengembangan PLTS ini, sebagai upaya Unpad dalam mendukung penerapan energi baru terbarukan (EBT) di lingkungan kampus.

“Sumber dayanya sudah tersedia,” imbuhnya. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

10 jam ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

11 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

12 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

13 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

15 jam ago