HEADLINE

Wujudkan MBKM Unpas Gandeng Kab Majalengka

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSebagai salah satu upaya untuk mewujudkan program kemendikbudristekdikti prihal Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Pasundan (UNPAS) menggandeng Kab/Kota di Jabar untuk berkolaborasi. Seperti yang dilakukan bersama Kabupaten majalengka.

Kerjasama Unpas itu tercantum dalam nota kesepahaman (MoU) antara Kabupaten Majalengka dengan Rektor Unpas, serta penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kab Majalengka dengan direktur Pascasarjana Unpas, di ruang rapat Rektorat Unpas, Jalan Tamansari, Senin (20/12/2021).

MoU langsung dihadiri kedua belah pihak, yakni Rektor Unpas beserta para Wakil Rektor Unpas dan juga beberapa staffnya, serta dari Kab Majalengka hadir Bupati Majalengka H Karna Sobahi beserta rombongan Dinas dan juga beberapa Kepala Dinas termasuk kepala dinas PU dan Taru Kab Majalengka.

(foto : yatti/pasjabar)

“Ini adalah langkah yang akan terus dilakukan Unpas dalam mewujudkan langkah kolaborasi antara Pemerintah daerah dengan kami Perguruan Tinggi, sebagai bagian dari kampus untuk memberikan kesempatan semua pihak bisa bekerjasama dengan institusi pemerintah, BUM atau pun pihak swasta dalam rangka memberi kesempatan bagi kampus untuk mengimplementasikan ilmunya didunian nyata,” tutur Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Supardi, M.Si., M.Kom., IPU, sebeleum pelaksanaan MoU.

Prof Edi menyebutkan pihaknya akan mengundang pemerintah daerah sebagai nara sumber dalam MoU untuk pertama, mengani penataan ruah, kemudian tridarma pergurian tinggi, pengabdiandan penelitian mudah-mudahanan selama 5th kdepan bisa langsung diniai dengan dirut pasca dna kepala dinas melakukan perjanjian kerjasama,” tuturnya.

(foto : yatti/Pasjabar)

Sementara itu, Direktur Pascasarjana Unpas yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Prof. Dr. H.M.Didi Turmudzi,M.Si. mengatakan kerjasama tersebut sebagai  upaya untuk sangat penting dalam mencipatakan kualitas terbaik di Unpas.

“Senang bisa bertemu dengan Bupati Majalengka yang merupakan tanah kelahiran saya, sehingga apa yang menjadi harapan warga Majalengka bisa terwujud dan Majalengka terus maju, Karen banyak SDM dari Majalengka ini berhasil di berbagai bidang,” tutur Prof Didi, di tempat yang sama.

Sedangkan Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan, daerahnya membutuhkan SDM di berbagai bidang untuk bisa mempercepat pembanguna Majalengka, dan SDM tersebut salah satunya ada di Peguruan Tinggi.

(foto : yatti/Pasjabar)

“Dulu memang Kabupaten Majalengka sangat tertinggal jauh IPM nya, kemiskinannya cukup tinggi, lalu kami coba petakan semua itu agar rakyat Majalengka jadi rakyat yang sejahtera, namun dengan SDM yang ada sangat terbatas maka pencapaian cita –cita kami akan cukup lama. Salah satu untuk mempercepat itu maka diperlukan SDM yang mempuni sehingga kami bekerjasama dengan Unpas salah satunya dalam hal pemetaan tata kota dan lain. Dengan demikian saya yakin kerjasama ini akan lebih cepat mengakaselerasi pembangunan Majalengka,” harapnya. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

33 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

1 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

5 jam ago