HEADLINE

Gelar Reses Ade Ginanjar Serap Aspirasi Masyarakat Desa Haruman

ADVERTISEMENT

GARUT, WWW.PASJABAR.COM Kegiatan Reses I Tahun Sidang 2021-2022, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan/Dapil XIV Kabupaten Garut, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ade Ginanjar, mengadakan kegiatan reses bertempat di Desa Haruman,  Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.

Dalam kesempatan ini Wakil Ketua DPRD Jabar, Ade Ginanjar menanggapi permasalahan di Kecamatan Leles salah satunya ialah pada saat musim hujan sering terjadi banjir khususnya di jalan Leles-Leuwigoong.

Ade Ginanjar mengatakan permasalahan ini menjadi pekerjaan rumah untuk dirinya, hal ini dikarenakan ruas jalan tersebut merupakan aset provinsi. Untuk itu pihaknya akan menindaklanjuti dan menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui stakeholder terkait.

Ia juga menyampaikan perihal BANKUEDES (Bantuan Keuangan Desa), dimana program ini dimaksudkan untuk percepatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Artinya bantuan yang diberikan bukan merupakan satu-satunya sumber anggaran, melainkan sebagai stimulus dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui swakelola.

Ade Ginanjar juga memaparkan program-program desa yang tidak ter-cover dari dana desa seperti drainase, irigasi, dan lain-lain itu bisa di-cover oleh BANKUEDES. Melalui proses yang jelas dan usulan BANKUEDEZ harus dilampirkan secara rinci, baik itu dalam RAB maupun faktor teknis lainnya.

Ia menambahkan ada beberapa kendala dalam pengimputan SIPD, yaitu masih terdapat desa di Garut yang tidak memahami mengenai proses penggunaaan SIPD . Pasalnya di provinsi penggunaan SIPD ini baru diberlakukan tahun ini. Untuk itu pemerintah provinsi, harus gencar melakukan sosialisasi SIPD ini. (*/ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

42 menit ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

14 jam ago