HEADLINE

Akses Tol BIJB Kertajati Resmi Dibuka

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Pemerintah pusat telah meresmikan akses tol ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka sepanjang 3,7 kilometer. Pintu masuk akses tol tersebut, berada di KM 158 Tol Cikopo-Palimanan. Peresmian dilakukan Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo pada Senin, (20/12/2021)

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyambut baik dibukanya akses tol tersebut. Menurutnya akan memudahkan masyarakat menuju Bandara Kertajati karena tidak perlu lagi melalui jalan arteri.

“Iya akses dari Tol Cipalinya, itu memudahkan,” kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil dalam rilisnya, Rabu (22/12/2021).

Menurut Kang Emil, akses menuju Bandara Kertajati akan jauh lebih mudah setelah pembangunan jalan Tol Cisumdawau rampung. Rencananya, Tol Cisumdawu mulai beroperasi akhir tahun ini atau paling lambat awal 2022.

Nunggu yang akses Cisumdawunya nembus, sehingga full. Jadi dari Bandung ke Cipali, Cipali ke Kertajatinya langsung,” ucapnya.

Saat ini Bandara Kertajati sudah melayani penerbangan logistik. Kang Emil mengatakan, kebijakan penerbangan penumpang maupun logistik merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan.

“Kebijakan penerbangan bukan di provinsi, jadi saya melobi terus Pak Menhub,” ujar Kang Emil.

Kang Emil berharap, tahun 2022 seiring beroperasinya Tol Cisumdawu ditambah akses tol ke Bandara Kertajati, penerbangan akan semakin bertambah dan perekonomian meningkat.

“Rencana 2022 seperti apa mudah-mudahan ekonomi bangkit dan penerbangan bisa banyak,” kata Kang Emil. (ytn)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

50 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

1 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

2 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

3 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago