PASOLAHRAGA

Pemprov Jabar Komitmen untuk Hadirkan Atlet Berprestasi Tingkat Internasional

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berkomitmen, untuk terus melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk level daerah, nasional, dan internasional. Keberhasilan Anthony Sinisuka Ginting dan Windy Cantika Aisah meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 menjadi bukti sahih.

“Prestasi yang tidak hanya level nasional, tapi juga dunia,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar  Setiawan Wangsaatmaja, saat menghadiri Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jabar di Hotel Grand Preanger, Kota Bandung, Selasa (21/12/2021).

Di level nasional, kata Setiawan Provinsi Jabar berhasil menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) dua kali berturut-turut pada 2016 dan 2021. Menurut Setiawan, prestasi tersebut berhasil diraih berkat kolaborasi dan kekompakan semua pihak yang terlibat.

“Kita turun pesawat, Jaswita langsung bergerak. Belum lagi Paguyuban Sunda di sana luar biasa, sangat membantu kita. Kekompakan, kalau kita bisa scale up, itu luar biasa,” ucapnya.

Olahraga kaitkan dengan pendidikan dan pariwisata

Selain itu, Setiawan pun mendorong KONI Jabar untuk mulai mengaitkan olahraga dengan sektor pendidikan dan pariwisata. Dua sektor tersebut menjadi 11 prioritas pembangunan Jabar pada 2022.

Di sektor pendidikan, misalnya, olahraga erat kaitannya dalam pendidikan jasmani dan penjaringan potensi. Sementara di sektor pariwisata, olahraga dapat menjadi komoditas atraksi.

“Kami minta olahraga pun kaitkan ke situ. Jadi, pariwisata seperti apa, kita misalnya adakan international marathon, atau contohnya world superbike (WSBK) di Mandalika kemarin, akhirnya pariwisata juga,” tutur Setiawan.

Setiawan juga menyatakan bahwa pihaknya siap mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Apalagi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut Jabar menjadi salah satu yang diutamakan dalam DBON.

“Artinya nasional pun mengharapkan bahwa Jawa Barat ini menjadi sentra. Oleh karena itu dengan kepercayaan diri kita memberikan kontribusi kepada nasional,” tutur Setiawan.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, mengaku bangga dengan prestasi KONI Jabar di PON Papua.

“Apa yang dicapai ini bukan hal yang mudah, tapi pada saat berangkat ke Papua, saya lihat Jawa barat betul-betul sudah siap,” kata Marciano.

Selain itu, Marciano pun mengapresiasi Pemda Provinsi Jabar dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang mendukung penuh atlet Jabar untuk terus berprestasi.

“Satu hal yang patut kita syukuri, keberangkatan Jabar ke Papua CdM-nya saja Sekretaris Daerah. Inilah wujud perhatian Pemda Jabar kepada KONI Jabar, kepada para atlet, pembina cabang olahraga, semua diberikan Pak Gubernur, maka itu semua dibayar dengan prestasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin mendorong agar pembinaan atlet oleh KONI yang didukung Pemda Provinsi Jabar tetap berjalan berkesinambungan.

“Kalau sudah dua kali juara umum, pembinaan mesti semakin layak, benak kita Jawa Barat yang terbaik selamanya,” tambahnya. (ytn)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

5 jam ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

6 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

7 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

8 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

10 jam ago