HEADLINE

Akhir 2021, Capaian Vaksinasi Dosis Lengkap di Indonesia Lebih Target WHO

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, capaian vaksinasi COVID-19 dosis lengkap telah melebihi target Badan Kesehatan Dunia (WHO) yaitu 40% dari total populasi target yang harus mendapatkan vaksin pada akhir 2021.

”Sampai Rabu (22/12/2021), total masyarakat yang sudah kita suntikkan dosis lengkap (fully vaccinated) mencapai 108.412.315 orang atau 40,12%. Artinya kita lebih cepat dari target yang ditetapkan WHO,” bebernya dikutip dari laman kemkes, Kamis (23/12/2021).

Budi menjelaskan program vaksinasi ini telah dimulai pada pertengahan Januari 2021, target masyarakat yang harus mendapatkan vaksinasi mencapai 208,2 juta orang. Dari sejumlah tersebut, sebanyak 154.593.449 orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama atau 75% dari target. Sementara untuk dosis kedua tercatat 108.412.315 orang atau 52% dari target.

Dalam upaya mempercepat perlindungan masyarakat Indonesia dari COVID-19, upaya vaksinasi juga diperluas menyasar anak usia 6-11 tahun secara bertahap. Pada tahap pertama vaksinasi anak berlangsung di 115 kabupaten dan kota dari 19 provinsi.

Karena cakupan vaksinasi dosis pertama di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%, pemerintah secara resmi memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun pada 14 Desember 2021 dengan jumlah sasaran sekitar 26,5 juta anak.

”Pantauan kami di sistem sudah 500 ribu lebih anak yang sudah divaksinasi, dari sasaran 26,5 juta. Saya kira sampai sekarang ini, vaksinasi berjalan lancar dan aman,” terangnya.

Ia mengingatkan vaksin terbaik adalah vaksin yang saat ini tersedia, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk mengakses lokasi dan pelayanan vaksinasi COVID-19. Semakin banyak orang yang mendapatkan vaksinasi COVID-19, maka semakin banyak orang yang terlindungi.

Selain itu, Budi mengatakan menjalankan protokol kesehatan tetap menjadi kunci utama dalam mencegah penularan COVID-19. Antara vaksin dan protokol kesehatan,  keduanya harus berjalan beriringan sebagai solusi jitu mengakhiri pandemi COVID-19. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

4 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

5 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

6 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

7 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

7 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

7 jam ago