HEADLINE

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Pastikan Natal Aman

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memastikan perayaan Natal di Jabar, aman.  Kang Emil, begitu sapaan akrab dari Ridwan Kamil menyebutkan, bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Natal, agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal itu, didasari karena saat ini Indonesia, tengah dalam situasi pandemi COVID-19.

“Situasi laporan dari intelejen laporan dari kemasyarakatan laporan dari semua pihak.  InsyaAllah mohon di sampaikan Jabar sangat dalam kondusif, sehingga dipersilahkan warga kristiani melaksanakan Natal dengan aman dan tenang. Dijamin 1.000 persen keamananya oleh negara,” kata Kang Emil, usai menjadi inspektur Apel Gelar Pasukan TNI-Polri dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, di Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Kamis (23/12/2021).

“Namun dalam situasi COVID-nya belum usai dalam situasi ada ancaman omicorn maka dihimbau sesuai surat edaran Menag, agar ada kombinasi ibadah secara hybrid dan kapasitas 50 %,” sambung dia.

Soal libur Natal dan malam pergantian Tahun Baru, Kang Emil memprediksi terjadi pergerakan masyarakat, yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerumunan masyarakat.

Antisipasi hal tersebut, Kang Emil menerangkan pihak kepolisian dan TNI, telah mendirikan pos pengamanan. Di setiap posnya nanti, akan dilakukan pengecekan vaksinasi dan juga tes swab secara acak.

Antisipasi lainnya, untuk mengantisipasi kerumunan, yakni dengan melakukan penutupan di titik-titik pusat keramaian.

“Kita mengetatkan tidak boleh ada perayaan tahun baru, maka alun-alun dan ruang publik dihimbau untuk di tutup sesuai arahan dari Kapolri. Selama menjelang Tahun Baru untuk antisipasi kehadiran potensi kerumunan,” katanya.

Khusus untuk tempat wisata, Kang Emil menginginkan agar penggunaan aplikasi Pedulilindungi, lebih efektif lagi. Hal itu sebagai monitoring pontensi COVID-19.

“Sebagai dasar untuk menyeleksi orang-orang yang punya potensi COVID bisa di screening oleh aplikasinya tersebut dan sudah melakukan vaksinasi dua kali,” tandasnya. (ave)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

27 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

57 menit ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

5 jam ago