HEADLINE

Promosi Doktor Lia Yuliani Kupas Kinerja Perawat di Rumah Sakit Umum Swasta

ADVERTISEMENT

BANDUNG,WWW.PASJABAR.COM–Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Lia Yuliani, mahasiswi program doktor Ilmu Manajemen pada Senin (27/12/2021).

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Pengaruh Fungsi Kepemimpinan, Budaya Kerja, Kompetensi dan Desain Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya pada Kinerja Perawat di Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Bandung.

Disertasi ini dipromotori oleh Prof. Dr. H. Azhar Affandi, SE., M.Sc dan Dr. H. Yusuf Arifin, S.Si, M.M sebagai Co Promotor.

Lia memaparkan bahwa kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia.

“Tuntutan masyarakat semakin meningkat untuk mendapatkan pelayanan yang terjangkau dan berkualitas sehingga menjadikan kinerja perawat sebagai salah satu penentu kualitas sebuah rumah sakit,” ungkapnya.

Penelitian ini sambung Lia bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis fungsi kepemimpinan, budaya kerja, kompetensi, desain pekerjaan dan mengetahui pengaruhnya terhadap kepuasan kerja serta implikasinya pada kinerja perawat Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Bandung.

“Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif,” ujarnya.

Sementara itu, pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi.

Pengambilan sampel menggunakan proportional cluster random sampling. Di mana Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2021. Dengan teknik analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS).

“Hasil Penelitian menunjukkan bahwa fungsi kepemimpinan, budaya kerja, kompetensi, desain pekerjaan, kepuasan kerja dan kinerja perawat berada pada kriteria cukup baik menuju baik,” ungkapnya.

Di samping itu, terdapat pengaruh fungsi kepemimpinan, budaya kerja, kompetensi dan desain pekerjaan terhadap kepuasan kerja baik secara simultan maupun parsial.

“Kepuasan kerja juga turut berpengaruh terhadap kinerja perawat Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Bandung,” ulasnya.

Hasil dari sidang ini Lia Yuliani pun dinyatakan lulus dengan IPK 3,62 dan hasil yudisium sangat memuaskan.

Lia yang saat ini berprofesi sebagai dokter umum di RS Pindad Kota Bandung ini pun menyampaikan bahwa selama berkuliah di Unpas ia merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan.

“Sebelumnya saya berkuliah S2 di Unpas dan rasanya menyenangkan sehingga akhirnya saya tertarik melanjutkan studi S3 di Unpas. Meskipun selama berkuliah ada beban harus mengerjakan penelitian, jurnal dan lain lain namun semuanya terimbangi dengan suasana belajar yang menyenangkan, para dosen yang welcome, low profile, rendah hati, membuat saya nyaman berkuliah di Unpas,” tutupnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

47 menit ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

2 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

2 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

2 jam ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

3 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

3 jam ago