HEADLINE

Fajar Eryanto Septiawan Sukses Raih Cumlaude Dalam Sidang Promosi Doktor Unpas

ADVERTISEMENT

BANDUNG,WWW.PASJABAR.COM– Mahasiswa program doktor Ilmu Manajemen Universitas Pasundan, Fajar Eryanto Septiawan, sukses meraih hasil yudisium Cumlaude dengan IPK 3,76 setelah mengikuti sidang terbuka Promosi Doktor pada Kamis (30/12/2021).

Kegiatan diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) dan berlangsung di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung ini diketuai oleh rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Analisis Strategi Penguatan Budaya Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus PDAM Tirta Benteng Tangerang).

Tim promotor diketuai oleh Dr. H. Azhar Affandi, S.E, M.Sc dan Co Promotor Prof. Dr. H. Horas Djulius S.E.

Fajar mengungkapkan bahwa penelitian ini didasari oleh fenomena yang terjadi pada perusahaan daerah khususnya PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tita Benteng Tangerang.

“PDAM Tirta Benteng Tangerang memiliki banyaknya keluhan konsumen dalam beberapa tahun terakhir yang dapat dilihat dari review yang terdapat pada website google dan data internal perusahaan,” ujarnya.

Ia mengatakan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas bagaimana keseluruhan budaya kerja PDAM Tirta Benteng Tangerang dan bagaimana upaya PDAM Tirta Benteng Tangerang dalam meningkatkan kinerjanya terutama melalui budaya kerja.

“Penggunaan metode yang dilakukan adalah kualitatif dengan mewawancarai narasumber dari internal perusahaan yakni mengetahui gambaran perusahaan, Pemkot Tangerang untuk mengetahui keterkaitan budaya kerja dan kerja dari segi perundang-undangan dan Pengamat untuk mengetahui keterkaitan budaya kerja dan kerja dari segi teoritis,” paparnya.

Fajar mengatakan bahwa hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa budaya kerja di PDAM Tirta Benteng Tangerang masih belum kuat yaitu sistem kerja yang masih belum optimal, tanggung jawab khususnya para pegawai yang baru masuk atau pegawai titipan, perekrutan yang masih banyak titipan dari luar maupun dari dalam perusahaan yang tidak memenuhi standar kerja, pengaruh budaya luar.

“Di samping itu, pemenuhan rasa aman yang belum terpenuhi oleh perusahaan, serta proses pembelajaran yang masih cukup lambat,” ungkapnya.

Fajar mengungkapkan bahwa penilaian kerja melalui DP3 masih terdapat kekurangan diantaranya: penerapan loyalitas pegawai kepada perusahaan, belum maksimalnya semangat kerja, kualitas pimpinan, kerja sama antar pegawai, prakarsa dalam pekerjaan, tanggung jawab pekerjaan, dan pencapaian target individu dan kelompok.

“Penguatan strategi budaya kerja yang dapat dilakukan dengan cara memperkuat sistem kerja perusahaan, memperkuat sistem birokrasi baik itu internal maupun eksternal perusahaan, serta strategi penguatan eksternal,” ulasnya.

Terakhir Fajar juga menyampaikan bahwa selama berkuliah di Unpas, ia mengaku merasa nyaman dan puas dengan layanan yang diberikan.

“Luar biasa pelayanan yang diberikan oleh Unpas baik dari sisi administrasi, pengajar juga benar-benar berkualitas, melayani dengan profesional. Saya berharap ke depan Unpas akan lebih maju,” pungkasnya. (tiwi/tie)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

1 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

2 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

3 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

4 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

5 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

6 jam ago