HEADLINE

Kasus Omicron Naik, IDAI Berikan Rekomendasi Terkait PTM

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan rekomendasi kepada pemerintah, terkait ketentuan pembelajaran tatap muka (PTM) terkait adanya kasus omicron yang telah masuk Indonesia.

Ketua Umum IDAI, Dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) menjelaskan dalam PTM seluruh pendidik dan tenaga pendidik harus sudan mendapatkan vaksinasi COVID-19 lengkap.  Anak  yang  dapat  masuk  sekolah, anak  yang  sudah  diimunisasi  COVID-19 dosis lengkap dan tanpa komorbid.

“Sekolah tetap harus patuh pada protokol kesehatan terutama, fokus pada penggunaan masker wajib untuk semua orang yang ada di lingkungan sekolah. Ketersediaan fasilitas cuci tangan, menjaga jarak, tidak makan bersamaan, memastikan sirkulasi udara terjaga. Mengaktifkan  sistem  penapisan  aktif  per  harinya  untuk  anak,  guru, petugas sekolah, dan keluarganya yang memiliki gejala suspek COVID-19,” bebernya seperti dikutip PASJABAR dari laman idai, Senin (3/1/2022).

Ketentuan PTM berdasarkan usia

Adapaun ketentuan PTM untuk kategori anak usia 12-18 tahun, sambung Pimprim yaitu tidak adanya peningkatan kasus COVID-19 di daerah tersebut. Tidak adanya transmisi lokal omicron di daerah tersebut.

”Pembelajaran  tatap  muka  dapat  dilakukan  metode hybrid (50 persen luring,  50 persen daring) dalam kondisi masih ditemukan kasus COVID-19 namun positivity rate di bawah 8 persen. Ditemukan transmisi lokal omicron yang masih dapat dikendalikan. Anak,  guru,  dan  petugas  sekolah  sudah  mendapatkan  vaksinasi  COVID-19 100 persen,” tambahnya.

Sementara untuk anak usia 6-11 tahun, PTM dapat dilakukan metode hybrid dengan catatan tidak adanya peningkatan kasus COVID-19 di daerah tersebut. Tidak adanya transmisi lokal omicron di daerah tersebut.

Untuk PTM hybrid dengan lokasi luring di luar ruangan, rekomendasinya jika masih ditemukan kasus COVID-19 namun positivity rate di bawah 8 persen.

“Ditemukan transmisi lokal omicron yang masih dapat dikendalikan. Fasilitas outdoor yang  dianjurkan  adalah  halaman  sekolah,  taman,  pusat olahraga, ruang publik terpadu ramah anak,” imbuhnya.

Sementara untuk PTM bagi kategori anak usia di bawah 6 tahun, belum dianjurkan untuk PTM. Sampai dinyatakan tidak ada kasus baru COVID-19 atau tidak ada peningkatan kasus baru.

Sekolah dapat  memberikan  pembelajaran  sinkronisasi  dan  asinkronisasi,  dengan metode daring dan mengaktifkan keterlibatan orang tua di rumah dalam kegiatan outdoor. Sekolah dan orangtua dapat melakukan kegiatan kreatif, seperti mengaktifkan permainan daerah di rumah.

Melakukan pembelajaran outdoor mandiri di tempat terbuka masing-masing keluarga  dengan  modul  yang  diarahkan  sekolah  seperti  aktivitas  berkebun, eksplorasi alam, dan sebagaianya.

“Rekomendasi  bermain  dapat  mengutip  dari  rekomendasi  permainan  anak, sesuai rekomendasi IDAI,” terangnya. (ytn)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Mantan Kapten Red Sparks Dipecundangi Megawati dkk di Laga Pertama KOVO Cup 2024

WWW.PASJABAR.COM -- Laga pertama KOVO Cup 2024 grup B di Teongyeong Gymnasium, Korea Selatan telah…

33 menit ago

Gagal Finis di Sirkuit Mandalika, Marc Marquez Kritik Penggunaan APAR

WWW.PASJABAR.COM -- Kembali alami nasib sial di sirkut Mandalika, pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez mengkritik…

2 jam ago

Dikdik S Nugrahawan Janji Tingkatkan Layanan Kesehatan Warga Cimahi Lewat BPJS

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wali Kota Cimahi Nomor Urut 1, Dikdik S Nugrahawan mengaku memiliki…

2 jam ago

Al Nassr Tumbangkan Al Rayyan, jadi Kemenangan Perdana Cristiano Ronaldo di Liga Champions Asia 2024/2025,

WWW.PASJABAR.COM -- Cristiano Ronaldo mencetak gol perdananya di Liga Champions Asia 2024/2025. Tim yang digawangi…

2 jam ago

Bentrokan Geng Motor di Batujajar, Satu Orang Tewas dan Pelaku Tertangkap Saat Bersembunyi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Keributan antar berandalan geng motor di kawasan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, menelan…

3 jam ago

Legenda Timnas Inggris Kebingungan dengan Pemikiran Erik ten Hag

WWW.PASJABAR.COM -- Legenda Timnas Inggris Alan Shearer kebingungan dengan pemikiran pelatih Manchester United, Erik ten…

4 jam ago