HEADLINE

Unpad Siap Terapkan Empat Transformasi Kepemimpinan untuk Hadapi Ketidakpastian

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti mengatakan, dalam menghadapi situasi ketidakpastian dengan adanya pandemi COVID-19. Perlu adanya empat hal transformasi kepemimpinan.

Pertama, dibutuhkan pemimpin yang berkarakter decisive leadership, baik dalam melakukan terobosan dan pembaruan.

Transformasi kedua, adalah dibutuhkan karakter kepemimpinan yang mau mendengarkan. Selanjutnya, karakter kepemimpinan memecahkan masalah, serta karakter kepemimpinan yang mau melakukan eksekusi.

“Eksekusi pemimpin tegas lebih penting daripada pengambilan keputusan yang sempurna. Kita suka banyak teori: harusnya begini, begitu. Akan tetapi tidak berjalan,” ungkap Rina seperti dikutip PASJABAR dari laman unpad, Senin (3/1/2022).

Deputi Direktur Asesmen Prasetya Mulya-Executive Learning Institute Teuku Zilmahram, mengatakan dalam konteks kepemimpinan transformasional, yang terpenting adalah pemimpin harus bisa menjadi inspirasi para pengikutnya.

“Inspirasi itu yang tidak bisa didapat dari teknologi. Itu betul-betul personal,” ujarnya.

Pola kepemimpinan transformasional dinilai baik bagi organisasi yang memerlukan pembaruan dan pembenahan serius. Pola ini sesuai bagi organisasi yang memiliki impian besar, ingin berubah, dan beradaptasi untuk mencapai sasaran yang diinginkan.

Bagi perguruan tinggi, lanjut Zil, pola kepemimpinan transformasional lebih baik daripada pola kepemimpinan transaksional.

“Memang dalam menjalankan kepemimpinan transformasional, pola-pola transaksional harus kita hilangkan,” pungkasnya. (ytn)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

8 menit ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

23 menit ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

53 menit ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

2 jam ago

Jay Idzes Perkuat Timnas Indonesia saat Lawan Jepang

WWW.PASJABAR.COM -- Jay Idzes dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang dalam lanjutan Kualifikasi…

3 jam ago

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

4 jam ago