HEADLINE

KSP Minta Kemenag Akselerasi PTKK Jadi Universitas

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan mengatakan banyak pihak menginginkan agar alih status Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen (PTKK) dari institut menjadi universitas mendapat akselerasi.

“Terhadap akselerasi yang akan dilakukan, kami harap dilakukan pendampingan secara serius. Tetap persyaratan harus terpenuhi. Sehingga harapan transformasi IAKN (Institut Agama Kristen Negeri) bisa terwujud,” ungkap Abetnego, seperti dikutip PASJABAR dari laman kemenag, Jumat (14/1/2022).

Merespon apa yang disampaikan pihak KSP, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama, Nizar menyampaikan pihaknya juga memiliki harapan yang sama terkait hal tersebut.

Terkait alih status PTKK, lanjutnya, Kemenag bahkan tidak hanya mendorong transformasi PTKK menjadi universitas. Tetapi juga mendorong semua Ditjen Bimbingan Masyarakat, yang menangani pendidikan agar memiliki perguruan tinggi yang berbentuk universitas.

“Upaya yang saat ini kita lakukan adalah merevisi Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Keagamaan. Sudah dibentuk timnya,” ungkapnya.

Revisi PMA, masih menurut Sekjen, lebih pada penyesuaian kemampuan perguruan tinggi dengan mempertimbangkan, misalnya kondisi geografis.

“Ini tidak berarti menurunkan grade apalagi menurunkan kualitas,” tutupnya. (ytn)

 

 

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Kepemimpinan Khalifah dalam Islam untuk Memelihara Alam Semesta

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM —…

18 menit ago

Timnas Indonesia U-20 Cukur Maladewa 4 Gol Tanpa Balas

WWW.PASJABAR.COM – Timnas Indonesia U-20 tampil cemerlang dengan mencetak tiga gol indah dalam waktu lima…

11 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

11 jam ago

Akses Jalan Ditutup Tembok Setinggi 3 Meter, Akses Warga Terganggu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebuah gang di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung ditutup tembok. Akibatnya…

11 jam ago

Pemkot Bandung Siap Hadapi Musim Hujan, Fokus Antisipasi Banjir dan Sampah Liar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mempersiapkan berbagai langkah antisipatif untuk menghadapi potensi…

11 jam ago

Peningkatan Produksi Pertanian dalam PKM di Sumedang

SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM -- Dalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) program studi…

12 jam ago