HEADLINE

Unpad Diharapkan Cetak Wirausaha Muda

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggandeng Unpad, untuk berkontribusi mencapai target pertumbuhan wirausaha muda produktif di Indonesia. Hadirnya Unpad diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan wirausaha Indonesia hingga mendekati empat persen di 2024.

“Sedianya jumlah wirausaha kita masih 3,6 persen. Artinya untuk mencapai 3,9 atau mendekati 4 persen di akhir tahun 2024, minimal butuh lahir 1.000 wirausaha aktif setiap tahun,” kata Sekretaris Kemenkop UKM RI Arif Rahman Hakim dikutip dari laman unpad, Minggu (16/1/2022)

Apalagi, kata Arif, Unpad telah memiliki program inkubasi usaha rintisan yang berfokus pada usaha olahan hasil pertanian dan perikanan.

“Ini menjadi potensi yang sangat baik ke depannya,” imbuhnya.

Selain mendongkrak pertumbuhan wirausaha, Kemenkop UKM juga meminta kontribusi Unpad dalam pengumpulan data koperasi dan UKM di 2022, hingga pengawalan pelaku usaha mikro dalam mendapatkan legalitas usaha.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti menjelaskan dalam mendukung peningkatan wirausaha muda, Unpad telah mengembangkan berbagai program. Mulai dari pengembangan kewirausahaan mahasiswa di kampus, pengembangan inkubator bisnis, serta pengembangan pendidikan melalui fasilitas teaching farm dan teaching factory.

Kendati demikian, mahasiswa seyogianya harus terus mendapat inspirasi untuk menjadi wirausaha baru dan pelaku koperasi.

“Kalau belajar standar produksi sudah diperoleh mahasiswa dari perkuliahan. Inspirasi untuk jadi wirausaha harus banyak mendengar pembicara yang telah sukses,” ujarnya.

“Yang perlu kita dorong adalah bagaimana kita bisa menciptakan nilai tambah dan bisa menciptakan lapangan kerja,” imbuhnya. (ytn)

 

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

4 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

5 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

6 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

6 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

7 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

7 jam ago