HEADLINE

Gol Tunggal Rashid Bawa Persib Kalahkan Borneo FC

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Persib Bandung menang 1-0 atas Borneo FC dalam lanjutan Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (18/1/2022). Gol kemenangan diciptakan Mohammed Rashid.

Kemenangan ini membawa Persib naik dari posisi kelima ke posisi keempat klasemen sementara dengan koleksi 40 poin.

Jalannya pertandingan

Babak pertama

Permainan jadi milik Borneo FC dalam lima menit pertama. Setelah itu, Persib mendominasi permainan hingga menit ke-15. Akan tetapi, tak ada peluang emas diciptakan kedua tim. Serangan kedua tim lebih banyak dihentikan pertahanan lawan.

Menit ke-16, Bruno Cantanhede melepas sundulan dan bola bersarang ke gawang Borneo FC. Sial, gol dianulir karena Bruno terjebak offside saat menerima umpan panjang dari Nick Kuipers.

Menit ke-23, Persib punya peluang lewat Henhen Herdiana. Namun, bola akhirnya tak mampu menembus sasaran karena Henhen menendang bola dalam posisi sulit. Tak lama berselang, Mohammed Rashid melepas tendangan dari luar kotak penalti. Kali ini bola melenceng tipis ke kanan gawang.

Rashid mencoba peruntungan pada menit ke-26. Dia melepas tendangan lob dari jarak cukup jauh. Sial, bola akhirnya terbuang sia-sia. Sial menimpa Persib. Pada menit 34, Febri terpaksa digantikan Beckham Putra karena mengalami cedera.

David da Silva punya peluang emas pada menit 34. Dia melepas sepakan di kotak penalti. Sayangnya bola berhasil diblok bek lawan dan hanya menghasilkan sepak pojok. Di kubu lawan, peluang emas tak dapat diciptakan. Tapi, Borneo FC beberapa kali membuat lini pertahanan Persib kocar-kacir.

Menit 39, Terens Puhiri berhasil mengecoh tiga pemain Persib. Dia lalu mengirim umpan pada Wahyudi Hamisi. Tanpa kontrol, Wahyudi langsung melepas sepakan. Sialnya bola melintas jauh di atas gawang Persib.

Peluang terakhir Persib di babak pertama didapatkan lewat sepakan Marc Klok usai menerima umpan dari David da Silva saat injury time. Sayangnya bola sempat membentur pemain lawan, sehingga bola dengan mudah ditangkap kiper Gianluca.

Sedangkan Borneo FC mendapat peluang melalui sepakan Terens Puhiri. Bola liar sempat beberapa kali disambar pemain Borneo FC. Tapi para pemain Persib sigap menghalau bola. Skor babak pertama berakhir 0-0.

Babak kedua

Usai turun minum, pelatih Robert Alberts menarik Ezra Walian. Sebagai gantinya, Frets Butuan dimasukkan untuk menambah daya gedor tim.

Peluang pertama di babak kedua didapatkan Persib pada menit 50 lewat sepakan Klok dari luar kotak penalti. Bola melenceng tipis ke kanan gawang Borneo FC.

Klok kembali melepas sepakan dari luar kotak penalti pada menit 53 usai menerima umpan dari Beckham. Kali ini bola mengarah ke gawang, tapi dengan mudah ditangkap kiper Gianluca.

Menit 54, David da Silva melepas sepakan di kotak penalti usai menerima umpan dari Beckham. Lagi-lagi bola tak bersarang karena melenceng tipis ke kiri gawang lawan.

Victor Igbonefo menyundul bola di kotak penalti pada menit 59. Dewi Fortuna belum berpihak, bola kembali melenceng ke kiri gawang. Menit 61 kembali dilakukan Igbonefo. Kali ini, bola meleneng tipis ke kanan gawang.

GOL!!! Persib akhirnya mencetak gol pada menit 62. Gol ini bermula dari pergerakan Beckham yang berhasil mengecoh beberapa pemain lawan. Dia mengirim umpan terobosan ke kotak penalti dan bola disambut sontekan Rashid.

Borneo FC merespons. Menit 66, Terens Puhiri melepas sepakan dari luar kotak penalti. Tapi, bola dengan mudah ditangkap Teja Paku Alam.

Aksi idak terpuji diperlihatkan Rifad Marasabessy pada menit 73. Usai terjadi perebutan bola dengan Ardi Idrus, Rifad menendang bagian badan Ardi yang sudah tersungkur di lapangan. Keduanya kemudian bersitegang dan membuat para pemain sempat berkerumun. Tapi, kericuhan berhasil terhindarkan usai dilerai wasit.

Menit 77 Bruno memaksa melepas sepakan dari luar kotak penalti. Upaya ini berbuah sia-sia, bola sama sekali tak menemui sasaran. Borneo FC punya peluang emas lewat tendangan lob Boaz Solossa pada menit 85. Beruntung bagi Persib, bola melintas tipis di atas gawang.

David da Silva mencoba mencetak gol perdananya untuk Persib, lewat sepakannya pada menit 88 dari luar kotak penalti. Tapi bola tak menemui sasaran. Sundulan Torres pada menit 90 juga tak berbuah hasil. Bola dengan mudah ditangkap Teja Paku Alam. Laga pun berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Persib.

Susunan pemain

Borneo FC: Gianluca Pandeynuwu (GK), Marchko Sandi, Wildansyah, Nurdiansyah (74′ Paulo SItanggang), Rifad Marasabessy, Hendro Siswanto, Leo Guntara, Wahyudi Hamisi (74′ Boaz Solossa), Terens Puhiri, Sihran Amarullah (65′ Fransisco Torres), Wawan Febrianto (56′ Rifal Lastori)

Persib: Teja Paku Alam (GK), Henhen Herdiana (64′ Bayu Fiqri), Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus, Marc Klok, Mohammed Rashid, Febri Hariyadi (34′ Beckham Putra), Ezra Walian (45′ Frets Butuan), Bruno Cantanhede, David da Silva. (ors)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Kandaskan Timor Leste dengan Skor 3-1

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia U-20 mengandaskan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 pada laga kedua…

6 jam ago

Yaman akan Menjadi Ancaman Bagi Timnas Indonesia, setelah Gilas Maladewa 3-0

WWW.PASJABAR.COM -- Dua gol dicetak pemain Yaman di laga Yaman U20 vs Maladewa U20 di…

7 jam ago

Media Gathering PTDI & Kemhan RI: Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Dengan mengusung tema “Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara”, PT Dirgantara Indonesia (PTDI)…

7 jam ago

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

9 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

10 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

11 jam ago