HEADLINE

Masyarakat Sunda Desak Arteria Diberhentikan dan Terancam Dilaporkan ke Polda Metro

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Komunitas Peduli Bahasa Sunda mendesak Dewan Kehormatan dan juga DPP PDIP untuk memberhentikan Arteria Dahlan dari anggota DPR RI dan dari PDIP. Hal itu merupakan buntut dari pernyataan Arteria saat rapat dengar pendapat dengan Kejaksaan Agung yang dianggap sudah menyinggung masyarakat Sunda.

“Kami akan mendatangi dan mendesak agar Mahkamah dan Dewan Kehormatan DPR RI memeriksa sodara Arteria Dahlan kenapa sampai menyampaikan hal rasis seperti itu, jika dia secara sadar melakukan hal itu kami ingin agar dia diberhentikan sebagai anggota DPR RI, ” tegas juru bicara Komunitas Peduli Bahasa Sunda, Cecep Burdansyah di Perpustakaan Adjip Rosidi Jalan Garut, Bandung, Rabu (19/1/2022).

Selain itu pihaknya juga siap mengadukan Arteria Dahlan ke Polda Metro Jaya, jika terbukti secara sengaja melakukan fitnah terhadap pernyataanya tentang sosok kepala Kejaksaan Tinggi yang menggunakan bahasa Sunda saat rapat dengan jajarannya.

“Jadi kami mendesak kepada Artaria Dahlan untuk. menyebutkan siapa Kajati yang disebut Artaria Dahlan. Jika ternyata pada kenyataanya tidak ada Kejati yang dimaksud maka kami akan berdiskusi dengan rekan – rekan dibidang hukum karena itu masuk keranah pidana untuk kategori memfitnah, dan akan kami laporkan ke Polda Metro Jaya kasusnya, ” ungkap Cecep.

Hal ini dilakukan pihaknya sebagai upaya pembelajaran untuk elit politik untuk tidak bermain – main dengan hukum.

“Jangan hanya edukasi dari elit politik ke masyarakat namun di masa modern saat ini saatnya elit politik diajari masyarakatnya karena masyarakat saat ini lebih pintar,” sambungnya.

Dalam pertemuan tersebut hadir berbagai komunitas Sunda, warga Sunda termasuk akademisi juga politisi. Salah satu yang hadir dari politisi yang juga merupakan Anggota DPR RI serta kader PDIP yakni Tb Hasanuddin.

Dalam pernyataannya Tb Hasanuddin menegaskan jika kehadirannya dalam pertemuannya itu untuk meluruskan dan menambah informasi bahwa persitiwa dan ungkapan Arteria Dahlan itu tidak mewakili partai dan juga DPR RI.

“Kalau PDIP dan DPR RI serta saya sendiri menilai jika sodara Arteria Dahlan sudah keluar dari ideologi partai jadi sudah murtad,” tegasnya.

TB Hasanuddin menyebutkan jika apa yang dilakukan Arteria harus dipertanggungjawabkan secara pribadi.

“Bahkan saya selaku anggota kader PDIP menyesalkan sikapnya itu. Saya sudah berbicara dengan Arteria Dahlan dan menyampaikan kekecewaan itu secara langsung,” terang TB Hasanuddin yang juga merupakan Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan itu di tempat yang sama.

Oleh karenanya ia berharap masyarakat yang marah itu hanya tertuju kepada pribadi Arteria saja.

“Kami siap mendukung dan siap mendengarkan masyarakat Sunda untuk mendatangi partai ataupun Dewan Kehormatan DPR RI,” tuturnya.

Sementara perihal usulan untuk pemecatan dari komunitas dan lainya, TB Hasanuddin menyebutkan jika itu sudah prosedur di Dewan Kehormatannya.

“Jadi silahkan diajukan ada dewan kehormatan dan nantinya akan ditindak lanjuti dan diinvestigasi kemudian diputuskan dewan, ” sebutnya. (tie)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

4 menit ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

2 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

2 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

12 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

14 jam ago