PASJABAR

Selesai Direvitalisasi, Alun-alun Garut Diharapkan Jadi Ikon Garut

ADVERTISEMENT

GARUT, WWW.PASJABAR.COM Warga Garut kini bisa menikmati ruang publik yang instagramable untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga. Tempat tersebut Alun-alun Garut, yang telah diresmikan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Minggu (23/1/2022).

“Dari saya pribadi desain dan lain sebagainya, mudah-mudahan ini dimanfaatkan dengan baik, apalagi lokasinya sangat bersejarah ada Pendopo, Masjid Agung, sehingga kegiatannya tentu yang kreatif dan maslahat,” katanya.

Fasilitas ini diharapkan bisa menjadi ikon baru Kabupaten Garut. Apalagi menurut Kang Emil sapaan Ridwan Kamil, di alun-alun tersebut nantinya akan ada museum napak tilas Bupati Garut dari masa ke masa.

“Di sini dibangun panggung, ada tempat duduk, di bawahnya nanti ada museum terkait Bupati Garut dari masa ke masa,” imbuhnya.

Wajah baru dari alun-alun Garut ini memiliki 10 fasilitas penunjang di antaranya tribun dan selasar, toilet, dan perpustakaan. Plaza hall alun-alun, gerbang, amphitheater, tempat bermain bermain, tugu di empat sudut, trotoar, area tempat duduk, dan area babancong.

Ia memaparkan selain Alun-alun Garut, dalam beberapa bulan mendatang kota yang sering dijuluki Swiss van Java tersebut akan mempunyai tempat wisata kelas dunia yaitu Situ Bagendit akan ditata.

Selain itu, ada jalur Kereta Api Bandung – Garut yang sebentar lagi bisa dipergunakan untuk menjadi pelengkap infrastruktur dalam memulihkan ekonomi warga Garut.

Tak hanya itu, ia menambahkan peresmian alun-alun ini semoga menjadi penyemangat warga Garut dalam memulihkan ekonomi melalui pariwisata di tahun 2022. Sambil kita sama-sama memaksimalkan penanganan COVID-19 melalui vaksinasi agar omicron tidak menyasar warga Garut.

Pengerjaan Alun-alun Garut memakan waktu hingga 150 hari kerja yang dikerjakan PT Tridaya Putra Bungsu, salah satu perusahaan penyedia jasa dan konstruksi lokal dari Garut.

Peristiwa bersejarah

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan menyebut peresmian alun-alun,  merupakan peristiwa bersejarah melengkapi bentuk kasih sayang Pemerintah Provinsi Jabar kepada warga Garut.

“Ini adalah satu monumen yang akan dikenang dan berhadapan dengan Pendopo juga Masjid Agung. Ini bentuk _kanyaah_untuk masyarakat Garut,” ucap Rudy.

Rudy mengungkap bahwa tahun 2022 di kabupaten Garut akan banyak hadiah yang bisa dinikmati warganya. Salah satu dari itu ialah Alun-alun Garut yang dipercantik melalui buah tangan Kang Emil, menyusul terdekat penataan wisata Situ Bagendit.

“Banyak hadiah untuk akses ke Situ Bagendit dan banyak lagi jalan-jalan sekarang Alhamdulillah semuanya dalam konteks lebih besar,” tutupnya. (*/ytn)

 

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

4 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

5 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

6 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

7 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

7 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

7 jam ago