PASJABAR

Sepanjang 2021, 2.400 Rutilahu di Garut Selesai Diperbaiki

ADVERTISEMENT

GARUT, WWW.PASJABAR.COM  — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjelaskan sekitar 2.400 rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Garut, telah selesai diperbaiki. Ia berharap melalui program ini, bisa memberikan kebermanfaatan secara langsung bagi masyarakat Garut khususnya.

“Di Garut ada 2.400-an pada tahun lalu yang kita bantu. Insyaallah kita bantu lagi di tahun ini. Mudah-mudahan terasa langsung oleh masyarakat dari rakyat uangnya kembali ke rakyat,” katanya dikutip dari rilisnya, Senin (24/1/2022)

Program perbaikan rutilahu merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam menyejahterakan warga. Hingga saat ini menurut kang Emil sapaan Ridwan Kamil, sudah 38.290 rutilahu di 1.232 desa dan kelurahan yang tersebar di 27 kabupaten/kota sepanjang tahun 2021.

Ia mengatakan, pemilihan rumah yang diperbaiki merupakan hasil aspirasi dari tingkat RT/RW yang diseleksi menyesuaikan dengan kebutuhan paling mendesak.

“Proses pemilihan merupakan aspirasi dari bawah, untuk itu silakan ajukan kepada kepala desa (atau lurah) lewat RT/RW nanti diseleksi sesuai jatahnya, kalau belum dapat mohon bersabar menunggu di tahun berikutnya,” jelasnya.

Kang Emil menyebut program ini merupakan rasa sayang Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap warganya, yang bisa menjadi kabar bahagia selama pandemi COVID-19. Menurutnya, setiap tahun Pemerintah Provinsi Jabar, selalu menganggarkan dana untuk rutilahu. Namun dikarenakan pandemi COVID-19, Jabar mengalami sedikit kendala dari segi jumlah dana. (*/ytn)

 

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

7 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

8 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

10 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

10 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

10 jam ago