HEADLINE

Kereta Cepat Jakarta – Bandung Ditargetkan Beroperasi 2023

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis PT KCIC, Allan Tandiono menuturkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung direncanakan akan selesai pada 2022 untuk diuji coba dan dikomersialkan pada 2023 mendatang. Progres proyek hingga saat ini sudah mencapai 79,9 persen.

“Kecepatan dari kereta ini dirancang dapat mencapai hingga 350 km/jam, dengan jumlah penumpang sebanyak 601 penumpang dengan waktu tempuh sekitar 36-45 menit,” kata Allan seperti dikutip PASJABAR dari laman itb, Jumat (28/1/2022)

Proyek kereta cepat ini, dibangun untuk menghubungkan Jakarta dan Bandung dengan jarak tempuh sepanjang 142,3 km. Jarak ini lebih panjang, dibandingkan dengan pembangunan MRT di Jakarta dengan kondisi jalanan yang lebih kompleks. Dalam pembangunan kereta cepat, Indonesia bekerja sama dengan BUMN China. BUMN China ikut terlibat serta berinvestasi dalam proyek ini.

Pada proyek ini menggunakan teknologi TBM (yunnel boring machine), untuk memastikan settlement di atas tunnel aman dan tidak mengganggu tol yang berada di atas tunnel. Untuk harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung diperkirakan sekitar Rp250.000-Rp300.000.

Allan mengatakan, desain eksterior dari kereta ini terinspirasi dari fauna Indonesia yaitu Komodo, diharapkan kereta ini dapat menampilkan nuansa Indonesia. Selain itu, interior dari kursi kereta pun berpola batik mega mendung, yang merupakan batik khas Jawa Barat. (*/ytn)

 

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Belantara Foundation dan Jepang Tanam Bibit Pohon Langka di Riau

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Belantara Foundation bersama mitra dari sektor swasta Jepang melaksanakan penanaman bibit pohon…

37 menit ago

Mahasiswa Unpas Keisya Hasna Auliya Raih Perak di Peparnas XVII Solo 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Keisya Hasna Auliya, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)…

2 jam ago

Penurunan Harga Pangan, Cabai Rawit Merah Turun 2,16 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) melaporkan penurunan harga mayoritas komoditas pangan pada Jumat…

3 jam ago

Pemkot Bandung Atur Jam Operasional untuk Atasi Kemacetan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara, akan segera menetapkan kebijakan utama untuk…

4 jam ago

Harga Cabai Rawit di Kota Bandung Melonjak, Pemkot Klaim Masih Stabil

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga kebutuhan pokok di Kota Bandung mulai mengalami kenaikan, salah satunya adalah…

5 jam ago

KPU Bandung Barat Terima 1,3 Juta Surat Suara untuk Pilkada Serentak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat telah menerima lebih dari 1,3…

6 jam ago