HEADLINE

Rakor LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten Sinergi Ciptakan SDM Unggul

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten menggelar Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi pada Rabu (9/2/2022) di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung Jln. Terusan Pasirkoja No.241 Kota Bandung.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan seluruh perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten, termasuk Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IV-A Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., dan Ketua APTISI Wilayah Banten Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si.

Dalam sambutannya secara virtual, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. Dede Yusuf M.E., S.T., M.I.Pol. mengungkapkan pihaknya mengapresiasi atas terselenggaranya rapat koordinasi LLDIKTI Wilayah IV.

Ia pun berharap kegiatan ini akan mendorong terciptanya SDM unggul yang memiliki akhlak mulia dan siap menghadapi tantangan zaman.

Dede mengatakan bahwa perguruan tinggi adalah ujung tombak bangsa, terlebih saat ini terjadi pergeseran ke era society 5.0.

“Saat ini sudah serba teknologi, lapangan kerja sekarang dengan 10 tahun yang lalu pun sudah berbeda, sehingga perguruan tinggi harus mendorong peserta didik untuk memiliki kemampuan agar dapat bersaing,” ujarnya.

Dede mengatakan komitmen inilah yang menjadi pembuka konsep kampus merdeka, merdeka belajar untuk mendorong peserta didik dapat berinovasi dan mengikuti perubahan.

“Hal penting lainnya adalah kolaborasi antar kampus, apabila ada perguruan tinggi yang kesulitan berdaptasi maka bisa bekerja sama agar bebannya tidak dipikul sendiri, karena tidak semua perguruan tinggi memiliki kemampuan yang sama, maka dari itu harus mendukung satu sama lain,” pesannya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memaparkan terkait peran perguruan tinggi yang sangat signifikan bagi kemajuan negara.

“Ciri negara maju itu diukur dari tiga hal, yang pertama ekonomi, ke dua SDM, ke tiga reformasi birokrasi, oleh karena itu dunia pendidikan harus pandai beradaptasi dan menghasilkan lulusan yang mampu mengikuti perkembangan disrupsi,” ungkap pria yang akrab disapa Emil ini.

Emil memaparkan bahwa ada beberapa disrupsi yang telah terjadi, diantaranya yakni disrupsi global warming, di mana tren dunia mengarah pada green economy, sehingga semua energi yang memakai fosil perlahan akan ditinggalkan.

“Ke dua adalah disrupsi digital, hal ini menyebabkan hilangnya lapangan kerja konvensional, dan mengharuskan penyesuaian baru SDM, digital saat ini bukan lagi menjadi sebuah pilihan melainkan sebuah keharusan,” ujarnya.

Emil mengimbau Perguruan Tinggi merespon dengan baik perubahan jaman ini dengan menghadirkan program studi baru yang dibutuhkan.

“Disrupsi berikutnya adalah pandemi Covid 19 yang mengajarkan kepada kita bahwa ada tiga hal yang tetap bertahan di masa pandemi ini yakni pangan, healthcare dan digital. Kita juga menyadari bahwa Jabar masih kekurangan rumah sakit dan tenaga kesehatan, maka ke depan kita dorong pembangunan rumah sakit baru,” tandasnya.

Emil pun berharap perguruan tinggi dapat merespon perubahan zaman yang terjadi dengan berbagai inovasi, kolaborasi dan sinergi.

Adapun Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten, Dr. M. Samsuri, M.T. menyampaikan bahwa pihaknya mendorong seluruh perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV untuk adaptif dan dapat meningkatkan kualitasnya.

“Ke depan perguruan tinggi dapat membentuk prodi baru dengan penyesuaian kurikulum,” ujarnya.

Di samping menghadirkan program studi yang relevan di masa kini, Samsuri pun mengatakan bahwa LLDIKTI Wilayah IV akan memberikan pendampingan kepada perguruan tinggi untuk meningkatkan akreditasinya.

“LLDIKTI akan membantu perguruan tinggi dalam akreditasi berupa pendampingan, agar kampusnya semakin baik dan SDM berkualitas pun dapat diwujudkan” ucapnya. (*/Tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Phil Handy Bakal Latih Tim Nasional Basket Indonesia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM --   Phil Handy bakal latih tim nasional Basket Indonesia. Phil Handy yang…

9 menit ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

2 jam ago

ITB Minta Mahasiswa Penerima Beasiswa Kerja Paruh Waktu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Penerima beasiswa kerja , sepertinya mahasiswa penerima beasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB)…

3 jam ago

Lima Pjs Bupati Baru Dilarang Buat Program Baru oleh Gubernur Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lima Pjs Bupati dilarang membuat program baru oleh Pj Gubernur Jabar Bey…

4 jam ago

Polda Jabar Usut Insiden Pengeroyokan Steward oleh Suporter Usai Laga Persib vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Polda Jawa Barat mengonfirmasi adanya insiden penganiayaan yang diduga dilakukan oleh sejumlah…

4 jam ago

Kualifikasi Piala Asia U-20, Timnas Indonesia Siap Tempur di Grup F

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pelatih timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, optimistis bahwa timnya mampu meraih kemenangan…

5 jam ago