HEADLINE

Gempa Sumatera Barat, Tujuh Warga Meninggal Dunia

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM  – Gempa magnitudo (M)6,1 yang terjadi pada pukul 08.39 WIB yang melanda pada beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022) menyebabkan tujuh orang meninggal dunia.

Mengutip rilis BNPB, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menginformasikan pada pukul 16.30 WIB jumlah korban meninggal teridentifikasi tiga orang di Kabupaten Pasaman Barat dan empat di Kabupaten Kabupaten Pasaman. Sedangkan total korban luka-luka mencapai 85 orang, dengan rincian luka berat 10 orang dan luka ringan 50 orang di Pasaman Barat, serta 25 orang di Pasaman.

BPBD Kabupaten Pasaman belum merinci kategori korban luka-luka yang dilaporkan ke Pusdalops BNPB. Gempa juga berdampak pada pengungsian warga. Hingga kini sebanyak 5.000 warga mengungsi di 35 titik. BPBD melaporkan sebaran titik pengungsian di Kecamatan Talamau, Kecamatan Pasaman dan Kinali. Petugas di lapangan masih mendata warga yang mengungsi.

Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, para personel organisasi maupun relawan dan warga masih memfokuskan pada pencarian, penyelamatan dan evakuasi serta pelayanan kepada warga terdampak.

Pascagempa M6,1, Pusdalops BNPB menerima laporan kejadian dua gempa susulan yang cukup signifikan dengan M5,0 pada pukul 11.02 WIB dan gempa M5,1 pukul 11.06 WIB.

Merespons gempa tersebut, Kepala BNPB Suharyanto telah memerintahkan tim reaksi cepat (TRC) BNPB untuk melakukan kaji cepat situasi dan kebutuhan, serta memberikan pendampingan penanganan darurat di Sumatra Barat.

Suharyanto dan jajarannya juga akan bertolak pada esok hari untuk meninjau lokasi terdampak dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk memastikan penanganan darurat berjalan efektif. (*/ytn)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Olahraga dan Solidaritas Warnai Dies Natalis ke-64 Unpas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-64 Universitas Pasundan atau Unpas yang jatuh…

22 menit ago

KA Bandung-Solo Malam Ditambah untuk Libur Akhir Pekan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung menambah satu perjalanan…

1 jam ago

Underworld Spaghetti Prawn: Menu Halloween Unik di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Salah satu restoran di kawasan Dago Atas menghadirkan Underworld Spaghetti Prawn, atau spaghetti…

2 jam ago

Sensasi Kenyal Ciwang Khas Sunda, Andalan Kafe Milik Markus Horison di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ciwang, atau aci bawang, merupakan salah satu kuliner legendaris khas Sunda yang…

3 jam ago

Persib Vs Lion City Sailors: Maung Bandung Memburu Poin Perdana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Maung Bandung (julukan Persib) tengah dalam semangat tinggi. Sebab, mereka bakal menjamu…

13 jam ago

Lion City Sailors Tantang Persib yang Gagah di Indonesia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung bakal kembali melanjutkan langkahnya di AFC Champions League Two (ACL…

14 jam ago