HEADLINE

Miss Tourism and Culture Jawa Barat 2022 “Nadya Rahma” Beri Advokasi Natur Baswara

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Miss Tourism And Culture Jawa Barat 2022 dan 2nd RU Duta Pariwisata Jawa Barat 2022 Nadya Rahma Wijaya menggelar advokasi pariwisata bernama “Natur Baswara”.

Natur berarti alam dan Baswara berarti berkilau atau bercahaya yang diambil dari bahasa sansekerta.

“Dengan advokasi ini aku ingin mewujudkan natur baswara itu sendiri atau alam yang berkilau, agar pariwisata dapat terus berkembang,” terangnya kepada PASJABAR, Minggu (13/3/2022).

Nadya mengatakan bahwa advokasi ini ia jalankan secara online melalui platform media sosial dan offline dengan mengunjungi tempat destinasi wisata seperti kampung adat, desa wisata, wisata sejarah, rumah budaya, dan juga dengan mengampanyekan sadar wisata melalu media massa seperti radio.

“Aku tidak membatasi waktu kegiatan, karena selagi aku berkesempatan untuk mengkampanyekan bangga berwisata dan berbudaya maka aku akan melakukannya,” tuturnya.

Adapun latarbelakang hadirnya kegiatan ini, terang Nadya, karena ia menyadari di era globalisasi ini begitu banyak kebudayaan luar masuk dan tidak menutup kemungkinan untuk menutup budaya asli Indonesia.

“Sebagai seorang duta pariwisata dimana aku memiliki tugas untuk menjadi influence atau pengaruh dalam mengajak masyarakat mengembangkan pariwisata maka aku menginisiasi diriku sendiri untuk konsisten menjalankan advokasi ini. I believe, glorious tourism in the future lies in what the younger generation is trying to do now, therefore the younger generation must be able to make “real movements” and not just be decorations. Dengan itu sebagai generasi muda aku siap untuk melakukan dan mengajak dalam membuat suatu gerakan nyata,” paparnya penuh semangat.

Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jurusan Manajemen Resort & Leisure, semester II ini juga mengungkapkan bahwa tujuan dari terselenggaranya kegiatan didalam advokasi ini adalah mewujudkan generasi peduli pariwisata untuk terciptanya masyarakat sadar wisata, bangga berwisata, dan bangga berbudaya.

“Aku ingin masyarakat terutama generasi muda sebagai kunci pembangunan dapat mengambil peran aktif dalam melakukan perubahan-perubahan. Tidak peduli walau itu perubahan kecil, karena aku percaya bahwa perubahan kecil akan sangat berdampak pada perubahan besar,” ulasnya.

Melalui platform media sosial natur.baswara sambung Nadya adalah perwujudan dalam memanfaatkan teknologi di era society 5.0 ini. Dengan memberikan informasi seputar pariwisata, publikasi dokumentasi kegiatan advokasi itu sendiri, dan memperkenalkan destinasi wisata khususnya yang ada di Jawa Barat.

“Ketika aku berkunjung ke salah satu desa wisata di Jawa Barat dan bermain serta berbagi dengan anak-anak di sana, aku merasakan antusias dari mereka. Merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagiku melihat anak-anak menikmati permainan tradisional dan juga kenal akan budaya asli bangsa ini,” tandasnya.

“Ketika melakukan audiensi dengan beberapa stakeholder dari destinasi wisata, ini sangat membantuku untuk lebih memahami dan melihat dari berbagai perspektif. Kita semua memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menciptakan pariwisata yang berkelanjutan dan dapat dirasakan oleh bersama,” imbuhnya.

Menurut Nadya kegiatan ini penting untuk dilakukan karena ia percaya perlu adanya upaya-upaya peningkatan kepedulian masyarakat untuk sektor pariwisata terlebih lagi dalam bangga berbudaya.

“Harapanku kedepannya semoga apa yang aku jalankan ini dapat terus berlangsung dengan konsisten dan menebarkan manfaat juga bagi sesama. “Emphaty, adaptive, collaborative and caring for others are the guidelines in engaging the community to spread tourism education,” ulasnya.

Nadya juga berharap ke depan akan bermunculan dan lahir generasi-generasi muda yang mau berperan aktif dalam mengkampanyekan hal ini.

“Aku siap untuk menebarkan informasi kepada masyarakat baik dalam media online ataupun secara langsung,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

14 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

37 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago