PASPENDIDIKAN

LPM Jumpa Godog Anggota Muda di Ciwidey, Integritas Jadi Nilai Utama!

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Jumpa menggelar pelantikan bagi 23 anggota muda di Bumi Perkemahan Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, 11-13 Maret 2022.

Agenda kegiatan outdoor ini pun meliputi pembentukan ketua angkatan, penetapan nama angkatan, team building, sharing bersama anggota dan pengurus, serta penyematan anggota muda.

Adapun Wakil Rektor III Universitas Pasundan sekaligus pembina lembaga kemahasiswaan Dr. H. Deden Ramdan, M.Si. membuka pelantikan tersebut.

Pemimpin Umum LPM Jumpa, Agustina Wiguna menuturkan, masa kaderisasi anggota baru LPM Jumpa sangat memperhatikan esensi kekeluargaan guna mempererat kedekatan satu sama lain dan membumikan visi misi kejumpaan.

“Kita berupaya menanamkan visi misi LPM Jumpa, yaitu mengabarkan kebenaran, berjumpa, bersahabat, berjuang, dan berkarya untuk membentuk calon anggota muda yang berintegritas,” ujarnya dikutip dari unpas.ac.id

Sebelum dilantik, calon anggota muda diwajibkan mengikuti magang selama dua bulan. Mereka dilibatkan dalam proses reportase, penulisan, hingga desain agar lebih memahami cara kerja jurnalistik.

“Dasar-dasar jurnalistik sudah diajarkan pada Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik Dasar (PPJD). Mereka diajarkan tentang penulisan berita, teknik wawancara, reportase, fotografi, editing, jurnalisme digital, dan seputar pers mahasiswa,” imbuhnya.

Selama magang, calon anggota muda didampingi dan diawasi oleh mentor. Meski demikian, mereka mampu mengeksplor dan mengembangkan hal-hal baru. Agustina menilai, terdapat perbedaan signifikan saat calon anggota muda mengikuti PPJD dan praktik langsung di lapangan.

“Ketika di lapangan, mereka cukup kritis dan bisa menggali isu sendiri. Sebelum menjalankan liputan mingguan, kita selalu mengadakan rapat proyeksi dan mewajibkan setiap anggota untuk bertukar isu dan mengemukakan pendapat,” paparnya.

Mengenai gebrakan baru, tahun ini LPM Jumpa akan fokus mengembangkan konten di media online. Hadirnya SDM baru juga akan diberdayakan untuk menyusun terbitan online dan optimalisasi website jumpaonline.com. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Bawaslu Jabar Temukan 27 Pelanggaran Selama 11 Hari Masa Kampanye Pilkada

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menggelar Deklarasi Pemilu Anti Politik Uang…

1 jam ago

Jambore IJTI Tahun 2024 Digelar di Garut, Angkat Tema Kebencanaan dan Sosialisasi Pilkada

GARUT, WWW.PASJABAR.COM -- Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Pengurus Daerah Jawa Barat (IJTI Pengda Jabar) menggelar…

2 jam ago

STY Berjanji Maksimalkan Potensi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berjanji akan memaksimalkan potensi Eliano Reijnders dan Mees…

3 jam ago

Mateo Kovacic Gantikan Peran Erling Haaland, Man City Kembali Menang

WWW.PASJABAR.COM -- Manchester City kembali memenangkan pertandingan di Liga Inggris 2024-2025 karena penampilan cemerlang Mateo…

4 jam ago

Verro “Membangun Semangat, Mengejar Mimpi”

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Alverro Raja Fairish, yang akrab dipanggil "Verro," adalah seorang remaja berbakat dan berprestasi…

5 jam ago

MotoGP Jepang: Francesco “Pecco” Bagnaia Kalahkan Jorge Martin dan Marc Marquez

WWW.PASJABAR.COM -- Francesco "Pecco" Bagnaia menjadi pemenang MotoGP Jepang 2024 di Sirkuit Motegi, Minggu (6/10).…

6 jam ago