HEADLINE

Kemenangan Buyar, Langkah Persib Jadi Juara Makin Sulit

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMLangkah Persib Bandung menjuarai Liga 1 2021/2022 musim ini makin sulit, usai diimbangi Persebaya Surabaya dengan skor 1-1.

Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (19/3/2022), Persib sempat unggul 1-0 di babak pertama. Akan tetapi, di babak kedua skor disamakan melalui gol Ricky Kambuaya.

Persib kini memiliki 67 poin dan ada di posisi kedua klasemen. Sedangkan posisi puncak ditempati Bali United dengan 69 poin. Jika ingin juara, Persib wajib menang di sisa laga sekaligus berharap Bali United hancur lebur.

Jalannya pertandingan

Kedua tim bermain penuh kehati-hatian sejak awal laga. Keduanya seolah tak mau kecolongan gol cepat oleh lawan.

Tendangan dari luar target dilepaskan salah seorang pemain Persebaya pada menit ketiga. Bola mengarah ke gawang, tapi dengan mudah ditangkap I Made Wirawan.

David da Silva memberi ancaman pada menit kelima lewat tendangan bebas. Bola melintas tipis di atas gawang Persebaya.

Laga kemudian lebih didominasi Persebaya. Mereka mulai menemukan bentuk permainan setelah bermain hati-hati di awal laga.

Marc Klok! Dia melepas tendangan bebas pada menit ke-19. Bola yang bergerak meluncur mengarah ke gawang. Tapi Ernando Ari berhasil menghalau bola.

Gawang Persib terancam pada menit ke-21. Supriadi berhasil mengecok Ardi Idrus dan mengakhirinya dengan sepakan melengkung. I Made Wirawan berhasil menangkap bola.

Menit ke-22, Nick Kuipers melepas tandukan menyambut umpan dari Marc Klok. Bola sempat memantul ke tanah lalu mengarah ke gawang. Lagi-lagi Ernando bisa menangkap bola.

GOL!!! David da Silva memecah kebuntuan. Dia mencetak gol pada menit ke-24. Gol ini bermula dari umpan silang Febri Hariyadi. Bola kemudian diteruskan Frest Butuan. David da Silva dengan cerdik menyontek bola dan mengarah ke gawang.

David sendiri tampak dingin dan tak melakukan selebrasi. Itu karena yang dijebol adalah gawang mantan timnya sendiri. 1-0 Persib memimpin.

Oktafianus mencoba membalas skor pada menit ke-27. Berhasil mengelabui beberapa pemain belakang Persib, dia kemudian melepas tembakan di kotak penalti. Bola mendatar yang mengarah ke gawang dengan mudah ditangkap I Made Wirawan.

Menit ke-29, pemandangan unik tersaji. Pelatih Robert Alberts diganjar kartu kuning oleh wasit. Belum diketahui apa penyebab Robert diganjar kartu.

Marc Klok mencoba menambah keunggulan Persib pada menit ke-32. Menerima bola liar di luar kotak penalti, dia melepas tendangan voli. Sial, bola tak mengarah ke gawang.

Giliran Dedi Kusnandar berusaha menggandakan skor pada menit ke-35. Dia melepas tendangan dari luar kotak penalti. Bola yang mengarah ke gawang dengan mudah ditangkap Ernando Ari.

Kedua tim terus berusaha mencetak gol. Aksi saling serang terjadi. Tapi skor 1-0 untuk keunggulan Persib bertahan hingga babak pertama usai.

Selang beberapa detik, Bruno kembali melepas tembakan. Kali ini bola melenceng tipis ke kanan gawang Persib.

Di awal babak kedua, Persib memiliki peluang melalui sepakan Febri Hariyadi pada menit ke-47. Sayang tendangannya melintas tipis di atas gawang lawan.

Persebaya coba mencetak gol melalui Alwi Slamat melalui tendangan jarak jauh pada menit ke-52. Sial, bola melintas jauh dari sasaran.

Giliran Bruno melepas sepakan di kotak penalti semenit berselang. Bola terlalu mudah ditangkap I Made Wirawan. Pada menit ke-67, sontekan Bruno tak berbuah hasil. Bola membentur mistar gawang.

Petaka datang pada menit ke-68. Ardi Idrus diganjar kartu kuning kedua yang berujung kartu merah. Ardi pun meninggalkan lapangan dan Persib harus bermain dengan 10 pemain.

Bruno Moreira mengacak-acak pertahanan Persib dan melepas sepakan di kotak penalti, pada menit ke-71. Beruntung gawang masih bisa diamankan I Made Wirawan.

Giliran Taisei Marukawa yang mencoba menjebol gawang Persib pada menit ke-75. I Made Jadi pahlawan dengan penyelamatan gemilangnya.

GOL!!! Persebaya berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-76. Ricky Kambuaya berhasil mengelabui beberapa pemain Persib dan melepas sepakan di kotak penalti. Bola tak mampu dijangkau Made.

Persebaya terus bertubi-tubi melancarkan serangan ke pertahanan Persib. Namun, sesekali Persib melancarkan serangan balik. Salah satunya yang diakhiri sepakan Bruno Cantanede pada menit ke-85. Bola mampu ditangkap Ernando Ari.

Hingga akhir laga, Persebaya terus membombardir pertahanan Persib. Namun, laga berakhir 1-1.

Susunan pemain

Persebaya Surabaya: Ernando Ari (GK), Reva Adi Utama (33′ Franc Sokoy), Rachmat Irianto (74′ M Hidayat), Alie Sesay, Rizky Ridho, Koko Ari (75′ Ady Setiawan), M Alwi Slamat, Bruno Moreira, Oktafianus Fernando (45′ Ricky Kambuaya), M Supriadi (45′ Samsul Arif), Taisei Marukawa.

Persib Bandung: I Made Wirawan (GK), Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus, Marc Klok, Mohammed Rashid (58′ Bruno Cantanhede), Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi (71′ Zalnando), Frets Butuan, David da Silva (78′ Erwin Ramdani). (ars)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

9 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

10 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

11 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

12 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

13 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

14 jam ago