HEADLINE

Kapolri Ungkap Pengedar Sabu Lebih Dari Satu Ton Terancam Hukuman Mati

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMKepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menegaskan jika lima pengedar sabu yang tertangkap saat membawa lebih dari satu ton sabu melalui jalur laut terancam hukuman mati.

Hal tersebut diungkapkan Kapolri saat menggelar pengungkapan lima tersangka penyelundup satu ton narkotika jenis sabu dalam konferensi pers di Pusdik Intel, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (24/3/2022).

“Atas perbuatannya, kelima tersangka terancam hukuman mati karena melanggar pasal 114, 112, 114 dan 115 junto pasal 132 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika,” ujar Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kelima tersangka itu diamankan Polda Jabar di Pantai Nadasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten P, pada Rabu lalu.

Pada kesempatan itu, selain menunjukan kelima tersangka, Kapolri bersama Polda Jabar menampilkan seluruh barang bukti yang telah diamankan, yakni sabu sebanyak 1,196 ton dari jaringan Timur Tengah,  yang dibungkus oleh karung dan kotak plastic, senjata api jenis air softgun, alat timbang, mesin wrap dan mesin boat yang digunakan pelaku untuk mengemudikan perahu.

Menurut Kapolri, pengungkapan narkotika jenis sabu jaringan internasional senilai 1,4 trilyun rupiah ini berawal dari pengungkapan salah satu tersangka di kawasan Cobinong Bogor pada 22 Februari silam, dengan  barang bukti 6 gram sabu.

“Setelah dilakukan pengembangan, petugas kemudian mendapati upaya penyelundupan 1,196 ton sabu oleh empat orang, dimana satu diantaranya merupakan warga negara Afganistan dengan menggunakan perahu nelayan dan sistem ship to ship di Pantai Madasari,” tuturnya.

Total penangkapan ada 66 karung berisi sabu-sabu. Barang haram itu dimasukkan ke dalam kotak plastik yang kemudian dimasukkan ke dalam karung. Total ada 1,196 ton sabu yang diamankan. (ctk)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 menit ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

2 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

2 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

12 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

14 jam ago