PASBISNIS

Kurangi Sampah Plastik, Alfamart Sosialisi Diet Kantong Plastik

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM  PT Sumber Alfaria Trijaya. Tbk, yang lebih dikenal dengan Alfamart, menggelar sosialisasi diet kantong plastik kepada warga Kecamatan Cicendo. Acara digelar di Jalan Samiaji Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Jumat (25/3/2022).

Sasaran acara ini adalah ibu rumah tangga. Harapannya, bisa menyebarkan informasi yang didapat hari ini kepada keluarga terdekat.

“Alhamdulillah kami bisa menggelar sosialisasi kepada masyarakat, dengan harapan bisa menjadi edukasi, dan bisa disebar luaskan kepada keluarga mereka,” ujar Branch Corporate Communication Alfamart, Elisa Refila.

Wanita yang akrab disapa Icha ini mengatakan, diet kantong plastik ini merupakan upaya Alfamart dalam rangka menyukseskan program pemerintah dari mulai pemerintah pusat sampai pemerintah daerah, terkait pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai.

“Sebelum ini, kami sering melakukan sosialisasi, tapi sejak COVID-19 berhenti dulu. Sekarang kami mulai lagi,” tambah Icha.

Icha menambahkan, upaya Alfamart untuk mendukung program pemerintah dalam pengurangan kantong plastik dimulai dengan menerapkan Kantong Plastik Tidak Gratis sejak beberapa tahun ke belakang.

“Upaya ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mau membawa tas belanja sendiri atau tas belanja ramah lingkungan,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, peserta yang berjumlah 25 orang mendapat edukasi dari Ketua I Ikatan Alumni Teknik Lingkungan ITB, Gun Gun Saptari, mengenai manfaat diet kantong plastik.

“Karena penghasil sampah terbanyak adalah rumah tangga. Makanya sangat penting untuk mengedukasi ibu-ibu mengenai pengurangan kantong plastik ini,” terangnya.

Gun Gun berharap, minimal ke depan saat ibu-ibu berbelanja bisa membawa kantong plastik sendiri. Atau bisa kembali memanfaatkan bahan plastik yang sudah tidak terpakai.

“Sebenernya, pengetahuan masyarakat dalam mengurangi sampah sudah ada, namun pelaksanaannya yang masih sulit,” kata Gun Gun.

Gun Gun mengatakan, sebenarnya, sudah ada peningkatan kesadaran dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun penambahannya juga memang sedikit.

“Untuk itu, pemerintah harus sabar dalam mensosialisasikan program ini. Di sisi lain, harus punya kesadaran bahwa program ini harus dilaksanakan secara bersamaan dan berkolaborasi,” harapnya.

Acara dimeriahkan dengan lomba kreasi minuman. Dengan penilaian beberapa kriteria, termasuk pengetahuan peserta terhadap penggunaan sampah plastik dan pemahaman masyarakat terhadap materi yang sebelumnya disampaikan narasumber.

Salah seorang peserta lomba Ros Rostini mengaku sangat senang dengan acara ini.

“Kita jadi dapat pengetahuan banyak tentang pengurangan sampah plastik,” katanya.

Ros juga mengaku happy dengan acara ini, dan merasa mendapatkan banyak manfaat dari acara ini.

“Seneng aja bisa belanja di Alfa pake member baru. Bisa ikutan lomba membuat minuman, seru” katanya.

Ros sendiri juga mengatakan sudah menggunakan kantong belanja sendiri, saat berbelanja dan tidak menggunakan kantong plastik.

“Selain bisa menghemat pengeluaran juga bisa mengurangi sampah,” tuturnya. (put)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

14 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

38 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago