HEADLINE

Kenali Inilah Tipe-tipe Bipolar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Setiap 30 Maret diperingati sebagai hari bipolar sedunia. Lantas apakah bipolar tersebut ? Menurut dokter spesialis kejiwaan dr. Untung Sentosa, M.Kes, SpKJ, FIAS, bipolar adalah gangguan emosi yang terjadi pada seseorang tetapi bukan kepribadian ganda.

“Bipolar itu adalah gangguan emosi, emosinya berayun. Ada fase di mana yang mengidap bipolar itu merasa normal, ada juga fase yang disebut  fase manik,” tuturnya seperti dikutip PASJABAR dari laman unpad, Rabu (30/3/2022).

Setidaknya, ada tiga jenis bipolar, yaitu bipolar tipe I, tipe II, dan tipe III. Setiap jenis memiliki gejala yang berbeda.

Ia menjelaskan, pengidap tipe I memiliki manik atau rasa senang yang tidak terkendali sangat tinggi, tetapi depresinya sama.

“Lalu, seseorang yang mengidap tipe II, maniknya tidak terlalu tinggi, tetapi hipoman. Pada tipe III, seseorang yang mengidap bipolar ini maniknya tidak ada, tidak ada hipoman juga, tetapi dapat tiba-tiba merasa down yang juga dapat mengarah pada bunuh diri.,” paparnya.

Terdapat tiga faktor utama yang memengaruhi seseorang mengidap bipolar, antara lain genetik, pola asuh, dan lingkungan atau bio psycho social. Gangguan ini juga bukan sekadar permasalahan psikologis. Sebab, pengidap bipolar memiliki kelainan di dalam sel otaknya.

Adanya kelainan pada sel otak ini menyebabkan bipolar tidak dapat disembuhkan oleh nasihat atau terapi saja. Penyembuhan  juga harus dibantu dengan terapi obat-obatan.

Lebih lanjut Untung menjelaskan, seseorang tidak bisa mendiagnosis sendiri apakah ia mengidap bipolar atau tidak. Langkah tepat untuk membuktikannya adalah dengan mendatangi ahlinya.

“Bipolar itu gangguan emosi, bukan karena lemah pribadi, tetapi karena masa kecil yang bermasalah (dengan jangka waktu yang lama) yang menimbulkan gangguan pada sistem otaknya, sehingga, pengobatannya itu menggunakan obat,” tutupnya. (*/ytn)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Kandaskan Timor Leste dengan Skor 3-1

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia U-20 mengandaskan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 pada laga kedua…

23 menit ago

Yaman akan Menjadi Ancaman Bagi Timnas Indonesia, setelah Gilas Maladewa 3-0

WWW.PASJABAR.COM -- Dua gol dicetak pemain Yaman di laga Yaman U20 vs Maladewa U20 di…

32 menit ago

Media Gathering PTDI & Kemhan RI: Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Dengan mengusung tema “Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara”, PT Dirgantara Indonesia (PTDI)…

42 menit ago

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

3 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

4 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

5 jam ago