HEADLINE

Apa Itu Aphasia yang Dialami Bruce Wilis

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Aktor Bruce Willis didiagnosa terkena aphasia atau afasia, hal ini diketahui melalui unggahan di akun instagram keluarganya @rumerwillis pada Rabu (30/3/2022).

Apa itu Aphasia? Yang mengharuskan Bruce Willis mundur dari dunia seni peran yang membesarkan namanya.

Mengutip laman ugm, Afasia merupakan gangguan bahasa. Gangguan yang berkaitan dengan kerusakan otak antara lain disebabkan oleh stroke. Prevalensi penyakit stroke semakin meningkat. Sedangkan penyandang afasia motorik menghasilkan ujaran yang sesuai dengan kemampuan bicara motorik yang ada, sedangkan penyandang afasia sensorik menghasilkan ujaran yang sesuai dengan kemampuan memahami pertanyaan atau instruksi yang diberikan kepadanya.

“Pasien afasia motorik berusaha menghasilkan ujaran, sedangkan penderita afasia sensorik merespons rangsangan ujaran,” kata Pakar Kesehatan Luita Aribowo.

Luita mengatakan baik pasien afasia sensorik maupun motorik membuat untaian ujaran berdasarkan kemampuan yang ada. . Seringkali mereka kesal karena niat atau keinginan mereka tidak dipahami oleh anggota keluarga mereka.

Luita mengatakan, produksi ujaran oleh kedua jenis afasia tersebut berusaha membuat produksi yang paling mudah dilakukan, dengan artikulasi yang ringan tidak berat atau kuat.

“Ungkapan bersuara diubah menjadi ucapan tanpa suara. Tuturan belakang diubah menjadi tuturan depan, dan tuturan diubah menjadi bilabial karena tuturan bilabial lebih mudah dihasilkan dan merupakan tuturan awal yang dihasilkan oleh manusia,” sambungnya.

Kecenderungan lainnya adalah produksi ujaran mengikuti upaya hukum yang minimal dan berkaitan dengan proses atau tahapan penguasaan ujaran bahasa pada anak. Ada beberapa ujaran awal yang dibuat oleh manusia. Beberapa pasien, baik dengan afasia motorik atau sensorik, melakukan ini. (*/ytn)

 

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

8 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

8 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

8 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

9 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

9 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

11 jam ago