HEADLINE

Suasana Shalat Tarawih Perdana di Masjid Raya Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Ramadhan tahun ini, Masjid Raya Bandung kembali menggelar shalat Tarawih berjemaah mulai Sabtu, 2 April 2022.

Dua tahun sebelumnya, Masjid Raya Bandung terpaksa tak menggelar salat Tarawih berjemaah akibat pandemi Covid-19.

Meski pemerintah telah melonggarkan aturan, tetapi Masjid Raya Bandung tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat bagi para jemaah untuk mencegah potensi penularan Covid-19.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Bandung KH Hasyim Ashari mengatakan, kini ibadah salat Tarawih sudah memungkinkan untuk kembali digelar. Namun para jemaah harus tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 ketat.

“Kita terapkan ketat protokol kesehatannya. Ada beberapa prosedur. Ini sebagai ikhtiar kita untuk menjaga kesehatan,” kata Hasyim dalam siaran pers Humas Pemkot Bandung.

Para jemaah diminta untuk menggunakan masker, juga diminta untuk membawa sajadah masing-masing karena pihak Masjid Raya Bandung tidak menyediakan karpet untuk shalat.

Menurut Hasyim, pihaknya tak menggunakan karpet karena lantai lebih mudah untuk dibersihkan. Meski begitu, ia pun memastikan jemaah juga bisa salat beralaskan lantai.

“Kalau tidak pakai sajadah juga Insyaallah lantai kita sudah bersih,” bebernya.

Pada malam pertama Ramadhan ini, jemaah salat Tarawih memenuhi hampir setengah ruangan dalam Masjid Raya Bandung.

Dengan ratusan jemaah, jumlah tersebut masih jauh dari total kapasitas Masjid Raya Bandung yang bisa menampung hingga 15 ribu jemaah.

Pada Ramadhan 1443 Hijriah ini, Masjid Raya Bandung juga menggelar sejumlah kegiatan. Di antaranya buka bersama, ceramah subuh, serta kegiatan lainnya. (*/ytn)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Bacagub Jabar Bima Arya Lakukan Kunjungan ke Partai Golkar Jawa Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Mantan Walikota Bogor Bima Arya melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor DPD Partai Golkar…

38 menit ago

Santri Bisa Dapat Beasiswa Non Degree Guna Perkuat Penguasaan Digital

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Kementerian Agama sedang menyiapkan program beasiswa non degree guna penguatan literasi dan kompetensi…

2 jam ago

Kemenag Umumkan Peta Jalan Direktorat Pendidikan Agama Islam

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Kementerian Agama (Kemenag) telah menyelesaikan peta jalan Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) di…

3 jam ago

Agama dan Masalah Perubahan Sosial

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) — Agama sebagai keyakinan pada…

4 jam ago

Pj Gubernur Ganti Kadisdik Jabar Saat PPDB Berlangsung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar), Wahyu Mijaya diganti saat pelaksanaan…

5 jam ago

SMA GPS dan SMAN 2 Bandung Juara Basket Unpas Sport Event 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM –  Tim basket putri SMA Global Prestasi School (GPS) dan tim basket putra…

11 jam ago