HEADLINE

Mengintip Kekuatan Grup C, Argentina Buka Peluang Juara Dunia 2022, Arab Saudi Tim Terlemah

ADVERTISEMENT

*)Jelang World Cup Qatar 2022

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMGrup C piala dunia qatar 2022, dihuni Argentina, Arab Saudi, Meksico, Polandia. Semua pengemar sepakbola pasti tahu, dari ke empat ini, nama tim Argentina paling di favoritkan lolos putaran kedua atau 16 besar.

Tim berjulukan Team Tango diprediksi akan mudah lolos dari fase grup, bahkan bukan tidak mungkin Lionel Messi dkk berpeluang menjadi juara dunia 2022. Perjalanan tim biru langit ini, sangat mulus, masih menyisakan 1 pertandingan lagi melawan Brazil, Argentina telah memainkan 17 lagi kualifikasi zona Conmebol atau lebih populer zona Amerika Latin, tanpa kekalahan, menang 11, 6 kali seri. Poin yang mereka dulang 39.

Argetina dan Brazil menjadi 2 tim pertama dari zona Conmebol yang lolos otomatis ke babak final piala dunia Qatar 2022.

Melihat hasil kualifikasi dan materi pemain Argentina menjadi tim favorit juara. Disisi lain tim Tango di grup ini merupakan tim yang pernah 2 kali menjadi juara dunia.  Pada tahun 1978 Argentina bersama bintang mereka Mario Kempes berhasil mengangkat tropi terbaik kejuaran sepakbola setelah mengalahka  Belanda 3 – 1.

Mario Kempes yang pernah bergabung menjadi pelatih dan pemain di liga Indonesia yakni Pelita Jaya di tahun 1996. pernah membuat Argentina berjaya di tahun 70 an, kemudian di teruskan oleh era Diego Armando Maradona.

Di Piala dunia Meksico, Maradona membawa Argentina juara dunia kedua kalinya. Bahkan Maradona benar benar menjadi Bintang dunia masa itu.

Prestasi di Piala Amerika Argentina sudah 14 juara. Saat ini Tim Tango peringkat 4 dunia. Tentu piala dunia Qatar 2022, menjadi target juara bagi pelatih Argentina Scaloni.

Memiliki materi pemain para bintang, Argentina di favoritkan juara oleh kebanyakan pengamat sepakbola. Selain Lionel Messi, mereka memiliki Angel Di Maria, Leandro (PSG), penyerang muda Intermilan Lautaro Martinez siap berduet dengan seniornya Messi, Hiquain atau Sergio Aguero. Belum lagi defender tim Tango saat ini dikenal paling kuat karena ada Marcos Rojo (MU) dan Otamendi (City), masih banyak sederetan nama lain yang menjadi bintang di club eropa dan Amerika.

Argentina juga dikenal sebagai negara pencetak pemain sepakbola. Selain dua legenda dunia sepakbola yakni Mario Kempes dan Maradona, nama nama besar seperti,  Batistuta, Juan Veron, Diego Simeone, Buruchaga dan Hernan Crespo adalah sederetan nama pemain bintang di eranya, saat ini bintang Argentina Lionel Messi, masih belum terkalahkan didunia sepakbola.

Apakah, Lionel Messi mampu mengukir sejarah seperti Kempes dan Maradona, membawa negaranya menjadi juara dunia. Karena dalam sepakbola, pemain belum resmi di sebut legenda sepakbola sebelum membawa negaranya menjadi juara piala dunia. Bisakah Messi melalukannya?

(Foto Timnas Argentina)

Timnas Meksiko. Negara kedua yang di prediksi mampu mendampingi Argentina lolos babak kedua, yakni Meksiko. Tim berjulukan El Tri, saat berada di peringkat 12 dunia. Sudah 16 kali lolos piala dunia, prestadi terbaik pernah mencapai perempat final di piala dunia 1986, saat Meksiko menjadi tuan rumah.

Pasukan El Tri yang di komandoi oleh pelatih asal Argentina Gerardo Martinez, terakhir kali mengangkat piala pada 2015, menjadi juara piala Concacaf. Sudah 7 kali Meksiko menjadi juara piala Concacaf.

Dalam kualifikasi piala dunia 2022, Meksiko berada diurutan dua, dibawah Kanada, namun nilai Meksiko dan Kanada sama sama mengumpulkan 28 poin dari 14 pertandingan.

Meksiko mengalami 2 kali kekalahan saat melawan Kanada dan Amerika Serikat, di bulan November 2021 silam. Kedua negara yang mengalahkan Meksiko menjadi 3 negara yang lolos otomatis menuju piala dunia Qatar 2022 dari zona Concacaf atau zona Amerika Tengah dan Karibia.

Materi pemain Meksiko, di dominasi pemain lokal, atau pemain yang bermain di loga Meksiko. Namun pemain utama mereka adalah pemain andalan di club liga Eropa. Kapten tim Meksiko Andres Quardado merupakan pemain tak tergantikan di club Real Betis Liga Spanyol. Kemudian dua penyerang mereka adalah pemain andalan dari club masing masing, Raul Jimenez (Wolverhampton Wanderers) dan Jesus Corona (Porto), kedua penyerang ini adalah penyerang haus gol di club dan untuk Meksiko.

(Foto Timnas Meksiko)

Timnas Polandia. Tim ketiga yang diprediksi sebagai tim yang dapat menyulitkan Argentina dan Meksiko adalah Polandia. Lolos menuju Qatar 2022, sebagai tim yang harus melalui babak play off.

Di kualifikasi awal zona Eropa Polandia menjadi runner up grup I, di Bawah Inggris. Polandia 2 kali menderita kekalahan melawan Inggris. Poin yang di kumpulkan 20. Sebagai Runner up Polandia harus mengikuti play off. Dibabak awal play off Polandia diuntungkan karena lawannya Rusia gugur setelah invasi Rusia Ke Ukraina. Kemudian final play off, Robert Lewandowski dkk berhasil mengalahkan Swedia 2 – 0.

Perjalanan panjang menuju Qatar, membuat Lewandowski dkk tidak terlalu diunggulkan, namun tim ini bisa membuat kejutan, bahkan bisa saya mengeser Meksiko dan menjadi pendamping Argentina lolos 16 besar di grup C. Peringkat Polandia saat ini berada di urutan 28 dunia, piala dunia Qatar menjadi yang ke 8 kali Polandia ikut serta, prestasi terbaik Polandia pernah menjadi juara ketiga pada tahun 1974 dan 1982. Namun Polandia tidak memiliki prestasi di Eropa.

Materi pemain Polandia, cukup mumpuni sebagai tim kuda hitam di grup C, tim asuhan pelatih asal Portugal Paulo Sousa, memiliki  Lewandowski penyerang Bayern Munchen, dan sebagian besar pemain Polandia bermain di liga Eropa, liga Inggris, Italia, Rusia, Jerman, Prancis dan Spanyol.

Wojciech Szczesny kiper andalan Juventus. Piotr Zielinski (Napoli), dan Penyerang Arkadiusz Milik (Marseille) yang sudah membukukan 16 gol di musim ini bersama Marseille. Dan Kiper senior andalan West Ham United Lukasz Fabianski.

(Foto Timnas Polandia)

Timnas Saudi Arabia. The Green Falcons atau Elang Hijau julukan timnas Saudi Arabia merupakan 4 dari wakil zona Asia yang lolos otomatis ke piala dunia Qatar 2022. Piala dunia Qatar menjadi yang ke enam kali Saudi ikut serta meramaikan kejuaran paling akbar di bumi ini.

Saudi Arabia lolos sebagai juara grup B babakan ketiga kualifikasi piala dunia zona Asia. Bersama Jepang Saudi Arabia mendapat tiket lolos ke Qatar. Tim asuhan Herve Denard hanya kalah 1 kali dalam babak kualifikasi grup B, saat melawan Jepang Februari 2022 silam. Kemudian Arab memastikan lolos setelah dalam pertandingan terakhir menang melawan Australia 1-0.

Saat ini Saudi Arabia berada dirangking 52 dunia. Prestadi terbaik pernah lolos 16 besar di piala dunia 1994. Dimotori kapten Salman Al Faraj, hampir seluruh pemain Saudi Arabia merupakan pemain liga lokal di Saudi. Sehingga pengamat menilai tim ini hanya menjadi tim pelengkap di grup C.

(Foto Timnas Saudi Arabia)

Grup C babak final piala dunia Qatar 2022, banyak yang memprediksi Argentina dan Meksiko yang akan lolos ke fase 16 besar. Namun Polandia akan menjadi kuda hitam yang akan merepotkan Argentina dan Meksiko. Dalam Filsafah sepakbola, bahwa bola itu bundar, siapapun bisa memenangkan pertandingan, bahkan tim tidak diunggulkan bisa membuat kejutan. Apakah Argentina, Meksiko, Polandia atau Saudi Arabia? kita tunggu saja. (Jhon Be)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

7 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

8 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

9 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

10 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

11 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

12 jam ago