HEADLINE

Dubes Muliaman : Probabilitas Pencarian Sabtu dan Minggu Lebih Besar, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan menurut tim SAR bahwa potensi hasil bagus pada pencarian hari Sabtu dan Minggu lebih besar, alasannya jumlah warga yang berenang di Sungai Aare biasanya lebih banyak dari hari biasa.

“Probabilitas ketemunya lebih besar. Jadi kita tidak hanya mendapat informasi dari tim SAR tapi juga dari warga,” katanya dalam konferensi pers virtual Sabtu (28/5/2022).

Ia tetap berharap yang terbaik untuk Emmeril. Secara statistik, kasus orang hanyut di Sungai Aare adalah 15-20 orang dalam setahun, dengan dengan persentase 99,9 persen ditemukan. Mayoritas orang hilang ditemukan dalam tiga minggu. Proses pencarian oleh tim SAR dilakukan dengan tanpa batas waktu, karena pada prinsipnya, Polisi Sungai di Kota Bern bertugas berpatroli setiap hari.

Ia juga menepis spekulasi di media lokal setempat yang mengatakan bahwa debit air Sungai Aare menjadi besar, karena sejak Januari 2022 perusahaan milik negara Swiss di bidang listrik Alpiq di Winznau mengalirkan antara 15 dan 25 meter kubik air per detik ke jalur lama Aare di Bendung Winznau.

“Tak ada rekayasa arus karena secara konsisten arus (di Sungai Aaree) akan seperti itu. Perbedaan (debit air) akan terjadi dari hari ke hari tergantung (apakah) ada tambahan hujan atau fenomena air lainnya sehingga debit air bertambah meluncur ke dataran lebih rendah,” jelas Duta Besar Muliaman.

Dari data pemerintah Kota Bern, debit air rata – rata di Sungai Aare adalah 180-230 meter kubik per detik. Informasi tersebut senantiasa dapat diakses oleh publik secara online dan real time.

Untuk selanjutnya, KBRI Bern akan terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan SAR setempat sehingga pihaknya bisa mendapatkan informasi secara real time.

Seperti diketahui anak sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril  dilaporkan hanyut di Sungai Aaree Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022). (*/ytn)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

FKIP Unpas dan Percikan Iman Gelar Workshop Guru Berkarya Se Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – FKIP Unpas (Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan) Bersama dengan Percikan…

11 menit ago

Timnas Malaysia U-20 Gagal Loos ke Piala Asia U-20 2025

WWW.PASJABAR.COM -- Laga Timnas Malaysia U-20 vs Timnas Tajikistan U-20 di matchday ketiga Grup E…

18 menit ago

Walau Menang Lawan Bangladesh, Vietnam Masih Terancam Gagal Lolos Putaran Final Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas U-20 Vietnam berhasil memetik kemenangan kedua di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025…

1 jam ago

Secret Number Siap Guncang Jakarta dalam Konser Perdana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Secret Number, grup K-pop dengan basis penggemar lebih dari 1 juta di…

2 jam ago

Sirkuit Mandalika “Kutukan”  Marc Marquez 2 Kali Terjatuh Dalam Sesi Kualifikasi GP Indonesia 2024

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM --  Sirkuit Mandalika masih tidak ingin bersahabat dengan Marc Marquez. The Baby…

2 jam ago

Gempa 5.0 di Bandung: 45.325 Warga Terkena Dampak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Jawa Barat, melaporkan bahwa sebanyak 45.325 warga terkena…

3 jam ago