HEADLINE

Tips Lolos IISMA 2022 dari Mahasiswa ITB

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Program IISMA 2022 telah diumumkan, beberapa mahasiswa ITB lolos dalam program IISMA 2022. Mengutip dari laman itb, berikut tips dari tiga mahasiswa ITB yang lulus IISMA 2022.

Antara lain Miranda Betsheba Gabriella dari program studi Manajemen 2020 ke University of Liverpool (Inggris), Muhammad Luqman dari program studi Desain Interior 2020 ke Univerity De Granada (Spanyol), dan Galuh Mawarni Matahariputri dari program studi Desain Komunikasi Visual 2020 ke University of Adelaide (Australia).

Menurut Miranda, ada tiga poin yang penting diperhatikan dalam mendaftar IISMA yaitu menggali informasi dari orang yang mempunyai pengalaman mengikuti IISMA sebelumnya, menyadari kapabilitas diri, serta memperhatikan indeks prestasi akademik.

Sementara Luqman menjelaskan diperlukan persiapan tes untuk mendapatkan setifikat bahasa Inggris. Selain itu, kita juga perlu memperbanyak pengalaman, serta mencari informasi sebanyak-banyaknya.

“Buat teman-teman yang ingin mendaftar mungkin bisa start lebih awal seperti les bahasa Inggris untuk persiapan tes IELTS, toefl, atau duolingo sebelumnya. Terus banyak-banyak cari informasi dengan gabung grup-grup pejuang IISMA di line atau telegram dan follow akun-akun instagram yang banyak info mengenai IISMA,” ujar Luqman.

Sedangkan Galuh punya beberapa tips ketika mendaftar IISMA. Katanya, prestasi dan organisasi itu penting namun lebih penting adalah apa dampak dari prestasi atau organisasi yang diikuti dan dipelajar. Juga bagaimana proses berpikir dari pengalaman itu.

Menurutnya, buat mahasiswa yang ingin daftar program ini lebih baik menyiapkan esai sejak jauh-jauh hari jadi ketika ada perubahan dari persyaratan maka diperbaiki hanya sedikit. Galuh juga membagikan kiat-kiatnya mendaftar beasiswa IISMA di media sosialnya.

IISMA sendiri merupakan program yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Program ini menjadi bagian dari rangkaian Kampus Merdeka yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan studi di luar negeri selama enam bulan.Pengumuman kelolosan menjadi penerima IISMA 2022 diumumkan pada Minggu (14/5/2022). (*/ytn)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

9 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago