HEADLINE

Hancurkan Persebaya 3-1, Persib Puncaki Klasemen Grup C

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPersib Bandung menang 3-1 atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan laga Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (17/6/2022) malam.

Tiga gol Persib diciptakan Victor Igbonefo, Nick Kuipers, dan Ciro Alves. Sedangkan satu gol Persebaya diciptakan Leo Lelis lewat tendangan penalti.

Berkat kemenangan ini, Persib kini mengoleksi empat poin, sama dengan Bhayangkara FC. Namun Persib berhak berada di puncak klasemen karena lebih unggul produktivitas gol dari Bhayangkara FC di posisi kedua.

Kans Persib untuk lolos ke perempat final pun semakin kuat. Semua tim di Grup C tinggal menyisakan satu laga. Laga terakhir ini akan jadi penentu siapa yang lolos ke babak berikutnya.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Peluang pertama didapatkan Persib lewat sepakan Beckham Putra pada menit pertama. Tapi bola mendatar melenceng tipis ke kanan gawang.

Sempat berada dalam tekanan Persib, Persebaya perlahan mengimbangi permainan sejak menit kelima. Hingga menit ke-10 jual beli serangan terjadi. Tapi hanya satu peluang tercipta melalui tendangan Febri pada menit ke-10. Bola melintas tipis di atas gawang Persebaya.

Peluang pertama Persebaya didapatkan melalui Januar Eka pada menit ke-14. Lepas dari kawalan pemain belakang Persib, Januar melepas sepakan keras. Bola melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-15, wasit menunjuk titik putih setelah Victor Igbonefo melanggar Supriadi di kotak penalti. Leo Lelis maju jadi eksekutor dan dengan mulus mengecoh kiper Fitrul Dwi Rustapa. 1-0 ‘Bajul Ijo’ unggul pada menit ke-16.

‘Maung Bandung’ merespons ketertinggalan dengan permainan buru-buru mengandalkan umpan panjang. Sedangkan Persebaya makin leluasa mengembangkan permainan dengan umpan-umpan pendek.

David da Silva! Ia melepas sepakan dari luar kotak penalti pada menit ke-21. Bola mengarah ke gawang, tapi dengan mudah ditangkap Andhika Ramadhani.

Gol! skor menjadi 1-1 pada menit ke-24 melalui sundulan Victor Igbonefo. Sebelum sundulan, peluang didapatkan Ciro lewat salto. Bola membentur tiang dan bola liar disambar Igbonefo dengan sepakan.

Tapi bola membentur pemain Persebaya. Bola liar kemudian disundul Igbonefo dan sukses menggetarkan gawang Persebaya. Namun Victor Igbonefo kemudian digantikan Achmad Jufriyanto pada menit ke-30 karena cedera.

GOL! Nick Kuipers membuat Persib berbalik unggul 2-1 pada menit ke-34. Nick dengan mulus menyundul bola hasil tendangan bebas Ezra Walian.

Saat injury time babak pertama, Henhen Herdiana nyaris mencetak gol setelah melepas tendangan dari sudut sempit. Tapi bola dihalau sundulan Leo Lelis. Babak pertama ditutup dengan skor 2-1 untuk keunggulan Persib.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Yamamoto yang masuk sebagai pemain pengganti melepas tendangan pelan di kotak penalti pada menit ke-46. Bola dengan mudah ditangkap Fitrul Dwi Rustapa.

Permainan berjalan semakin menarik. Kedua tim penuh semangat mengejar tambahan gol. Persib ingin menambah gol, sedangkan Persebaya ingin menyamakan skor dan membalikkan keadaan.

Bobotoh dibuat tersentak pada menit ke-61 setelah Brylian Aldama mencetak gol. Sial bagi Persebaya, wasit menganulir gol itu karena lebih dulu Brylian terjebak offside.

Leo Lelis mendapat peluang emas pada menit ke-72 melalui tendangan bebas. Fitrul Dwi Rustapa dengan sigap menepis bola.

Kedua tim terus melancarkan serangan. Gol kemudian tercipta pada menit 90+2. Aktornya adalah Ciro Alves. Ia sukses mengelabui tiga bek lawan hingga akhirnya mampu melepas sepakan yang tak mampu dijangkau kiper. 3-1 Persib memimpin dan bertahan hingga akhir laga.

Susunan pemain

Persebaya Surabaya: Andhika Ramadhani (GK), Dandi Maulana, Leo Lelis, Ahmad Nufiandani, Arizky Wahyu, Brylian Aldama, Deny Agus, M Alwi Slamat, Alta Ballah, Januar Eka (39′ Silvio Pereira), M Supriadi (46′ Higor Vidal)

Persib Bandung: Fitrul Dwi Rustapa (GK), Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Victor Igbonefo (30′ Victor Igbonefo), Zalnando, Abdul Aziz, Febri Hariyadi (63′ Erwin Ramdani), Beckam Putra, Ezra Walian, Ciro Alves, David da Silva (63′ Frets Butuan) (ars)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

1 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

2 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

3 jam ago

David da Silva Bakal Main di Laga Madura United Vs Persib Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Angin segar datang bagi Persib Bandung. Sang striker andalan, David da Silva,…

4 jam ago

Usai Hadapi Madura United, Persib Langsung Tancap Gas ke China

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung benar-benar disiksa dengan jadwal padat. Selain tampil di Liga 1…

5 jam ago

Tanggap Darurat Gempa, Pemkab Bandung Terus Gulirkan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi Kabupaten Bandung dari sejak terjadi…

6 jam ago