HEADLINE

Ribuan Sapi di KBB Tertular PMK Petugas Kesulitan Vaksin Sapi Sehat

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMRibuan sapi di Kabupaten Bandung Barat terindikasi tertular penyakit Mulut dan Kuku, akbitanya petugas kesehatan setempat kesulitan untuk melakukan vaksin kepada sapi yang sehat.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Kesehatan Dan Pengendalian Hewan Bandung Barat, Wiwin Aprianti yang ditemui usai melakukan pemantauan.

“Saat ini PMK semakin meluas dan kami terus melakukan pemeriksaan terhadap hewan- hewan kurban untuk melakukan vaksinasi,” ujar Wiwin, Selasa (28/6/2022).

Wiwin menyebutkan jika PMK di wilayah KBB terus meluas, saat ini bahkan disebutkannya ada ribuan ekor sapi yang tertular PMK. Dan sudah ada ratusan sapi diantaranya mati akibat penyakit tersebut.

“Petugas dilapangan saat ini kesulitan untuk mencari sapi yang sehat untuk diberikan vaksin anti penyakit mulut dan kuku, ” terangnya.

Meski demikian, pihaknya tetap melakuan penelusuran bahkan hingga pelosok KBB untuk menemukan sejumlah ekor sapi yang sehat salah satunyab di kampung Tugumukti Cisarua.

Untuk mencegah penyebaran, satu per satu sapi perah milik warga ini diperiksa kesehatan mulai dari suhu tubuh dan kesehatan badan.

“Setelah dikatakan sehat, sapi-sapi ini pun langsung disuntikan vaksin penyakit mulut dan kuku,” tegas Wiwin.

Dari data yang ada 8213 ekor sapi yang tertular PMK, 148 diantaranya mati akibat penyakit tersebut, sementara ada 5822 ekor sapi yang telah dinyatakan sembuh. Penyebaran kasus penyakit ini tersebar di 49 desa dan 14 kecamatan se Kabupaten Bandung Barat.

“Meski sudah dinyatakan sembuh, petugas tidak bisa langsung memberikan vaksin anti PMK, karena harus menunggu masa inkubasi selama 6 bulan,” tuturnya.

Akibat PMK ini yang sudah terjadi hampir tiga bulan, peternak di KBB Bahkan harus merugi hingga milyaran rupiah. (uby)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

7 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

8 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

9 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

9 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

10 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

10 jam ago