HEADLINE

Dramatis! Persib Disingkirkan PSS Lewat Adu Penalti

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Persib Bandung kalah oleh PSS Sleman dalam laga perempat final Piala Presiden 2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (1/7/2022).

Persib harus rela tersingkir dan mengubur misi menjuarai Piala Presiden. Sebaliknya, PSS berhak melaju ke semifinal.

Dalam laga ini, Persib tertinggal lebih dulu oleh gol Boaz Solossa dan dibalas lewat eksekusi penalti Marc Klok. Tapi laga harus dilalui dengan adu penalti. PSS menang 4-2 dalam drama tersebut.

Jalannya pertandingan babak pertama Menit keempat, Ricky Kambuaya lolos dari jebakan offside. Sialnya, di kotak penalti ia tak bisa melepas sepakan karena lebih dulu dihadang kiper M Ridwan.

PSS memiliki peluang melalui tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit kedelapan. Bola sempat ditepis Fitrul, tapi bola kemudian membentur tiang gawang.

Keduanya lalu terlibat aksi saling serang. Namun, tak ada peluang emas berarti yang didapatkan kedua tim hingga menit ke-30.

Peluang berikutnya baru didapatkan pada menit ke-32. Kerja sama Febri dan Klok diakhiri sepakan Febri. Sayangnya bola bergerak mendatar dan tak mengarah ke gawang.

Boaz Solossa mencetak gol pada menit ke-38 memanfatakan umpan silang. Sial bagi PSS, gol dianulir karena Boaz lebih dulu terperangkap offside.

Saat injury time, Wahyu Sukarta melepas sepakan dari luar kotak penalti. Bola tak mengarah ke gawang Persib dan terbuang sia-sia.

Persib merespons lewat serangan balik yang diakhiri sepakan Abdul Aziz. Lagi-lagi bola tak mengarah ke gawang lawan. Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 pun bertahan.

Di babak kedua, intensitas permainan berlangsung lebih cepat. Dominasi permainan jadi milik Persib hingga menit ke-50. Tapi tak ada peluang emas tercipta.

GOL! PSS justru unggul lebih dulu pada menit ke-52 lewat sundulan Boaz Solossa. Dikawal dua pemain belakang, Boaz bisa menyundul bola. Fitrul tak kuasa menjangkau bola yang menukik ke kiri atas gawang. 1-0 PSS unggul.

Persib berusaha merespons pada menit ke-54. Klok mengirim umpan sepak pojok ke kotak penalti. Bola disundul Achmad Jufriyanto, tapi tak mengarah ke gawang.

Upaya Frets Butuan pada menit ke-59 juga tak berbuah manis. Bola hasil sepakannya melenceng ke kanan gawang lawan.

Kemelut terjadi di mulut gawang PSS pada menit ke-51 yang diakhiri sepakan Jupe. Lagi-lagi bola tak meluncur ke gawang lawan.

Erwin Ramdani melepas sundulan di kotak penalti PSS pada menit ke-66. Kali ini bola mengarah ke gawang, tapi dengan mudah ditangkap M Ridwan. Sedangkan bola hasil sundulan keduanya semenit berselang melambung dari sasaran.

Menit ke-69, Frets Butuan melepae sepakan keras di kotak penalti. M Ridwan dengan sigap menepis bola. Bola liar pun tak mampu disambar pemain Persib.

Syaiful Ramadhan melanggat Arsan Makarim pada menit ke-83. Syaiful pun dipaksa keluar lapangan karena diganjar kartu kuning kedua. Wasit pun menunjuk titik putih.

Marc Klok kemudian jadi eksekutor pada menit ke-84. GOL!!! Marc Klok sukses mencetak gol. Skor menjadi 1-1.

Persib makin menggebu menambah gol. Namun PSS yang tampil dengan 10 pemain memberi perlawanan sengit. Peluanh yang didapatkan Persib pun tak berbuah gol tambahan. Adu penalti pun harus dijalani kedua tim.

Adu Penalti

Persib mendapat kesempatan pertama menendang penalti. Marc Klok jari eksekutor perdana dan sukses mencetak gol. Valente dari kubu PSS juga bisa mencetak gol meski arah bola terbaca.

Erwin Ramdani jadi eksekutor kedua. Bola mampu ditepis M Ridwan. Sebaliknya, Bagus Nirwanto sukses mencetak gol.

Rachmat Irianto jadi eksekutor ketiga dan sukses menggetarkan gawang. Hambali Tolib yang dipilih jadi eksekutor PSS pun bisa mengecoh Fitrul.

Giliran Achmad Jufriyanto yang maju. Sayangnya bola hasil sepakannya melambung jauh dari sasaran. Sedangkan M Rifqy sukses menjebol gawang Persib.

Skor adu penalti 4-2. Adu penalti diakhiri dan Persib tersingkir dari Piala Presiden. Sebaliknya, PSS melaju ke semifinal.

Susunan pemain

Persib Bandung: Fitrul Dwi Rustapa (GK), Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Rachmat Irianto, David Rumakiek (55′ Zalnando), Abdul Aziz (55′ Dedi Kusnandar), Marc Klok, Ricky Kambuaya, Febri Hariyadi (55′ Erwin Ramdani), Frets Butuan (75′ Arsan Makarim), Ezra Walian (70′ Ridwan Ansori)

PSS Sleman: M Ridwan (GK), Marckho Sandi, Syaiful Ramadhan, M Rifky, Bagus Nirwan, Dedi Gusmawan, Manda Cingi, Irkham Mila (70′ Komarudin), Wahyu Sukarta, Jose Pedro, Boaz Solossa (70′ Riki Saputro) (ars)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

9 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

10 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

11 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

12 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

13 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

14 jam ago