HEADLINE

Hari Mahasiswa STKIP Pasundan Ingin jadi Atlet MMA yang Harumkan Nama Bangsa

ADVERTISEMENT

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM– “Panjatlah gunung agar kamu bisa melihat dunia, bukan supaya dunia bisa melihatmu,” Itulah motto dari Hari Novanto atau yang akrab disapa Hari.

Menyukai tantangan, Hari pun senang berolahraga terutama beladiri. Saat ini ia pun sedang mempersiapkan diri di ajang MMA (Mixed Martial Art) yang akan datang.

“Saya juga bercita-cita mendirikan sasana latihan Muaythai dan menciptakan atlet yang siap berlaga di internasional dan mengharumkan nama bangsa, tapi terlepas dari semua itu kita harus tetap ikhtiar untuk mewujudkannya,” terang pemuda kelahiran Bandung, 7 Oktober 2001.

Mahasiswa STKIP Pasundan Cimahi semester IV ini pun selain berkuliah juga aktif berlatih beladiri dan saat ini tengah menjadi panitia untuk persiapan event KADIN JABAR CUP 2022 pada bulan Agustus mendatang.

“Untuk tokoh idola saya mengagumi sosok Khabib Nurmagomedov, petarung UFC asal Dagestan Rusia ini membuat saya termotivasi karena selain dia buas di dalam Oktagon dan di takuti lawannya, tapi juga dia sosok muslim yang taat,” terangnya kepada PASJABAR, Rabu (6/7/2022)

“Saya juga banyak terinspirasi dari rekan dan para pelatih di team, karena kita saling belajar dari pengalaman,” imbuhnya yang pernah meraih prestasi dalam Kasatria Fight 2019 dan Duell 9 BFC 2021.

Pemilik tinggi 174 CM ini pun berharap ke depan ingin membanggakan keluarga orang orang sekitar bahkan tanah air dengan prestasi yang ia miliki.

“Adapun makna hidup bagi saya adalah bukan tentang siapa yang terbaik, tetapi siapa yang berbuat baik karena sebaik baiknya manusia memberikan manfaat bagi manusia,” terang penyuka warna Biru dan pemfavorit baso ini.

Bungsu dari tiga bersaudara ini juga mengatakan bahwa ia selalu bersemangat dalam menjalani hidup karena ia selalu belajar dari peristiwa peristiwa yang sudah ia alami sebelumnya dan yang membuat ia selalu berjuang.

“Saat saya melihat mata ibu saya yang ingin melihat anaknya bahagia dan berguna buat orang lain,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

30 menit ago

Jay Idzes Perkuat Timnas Indonesia saat Lawan Jepang

WWW.PASJABAR.COM -- Jay Idzes dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang dalam lanjutan Kualifikasi…

1 jam ago

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

2 jam ago

Edo dan Ciro Bawa Persib Menang 2-0 atas Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akhirnya kembali merasakna kemenangan. Dua gol kemenangan Persib dicetak masing-masing…

3 jam ago

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

4 jam ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

5 jam ago