PASDUNIA

Ditembak, Kondisi Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Kritis

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSeorang pria menembak mantan perdana Menteri Jepang terlama Shinzo Abe, akibatnya Shinzo yang saat itu sedang melakukan kampanye langsung ambruk, Jumat (8/7/2022) dan saat ini kondisinya kritis.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, siaran NHK menyebutkan seorang pria bersenjatakan senjata rakitan melepaskan tembakan ke arahnya dari belakang Abe saat melakukan pidato pemilihan parlemen kea rah dada dan leher.

Sementara itu, Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan Abe, 67, dalam kondisi kritis. Dia mengutuk penembakan di kota barat Nara selama kampanye pemilihan majelis tinggi pada hari Minggu, 10 Juli, sebagai serangan yang tidak dapat diterima terhadap fondasi demokrasi Jepang.

Sebelumnya, seorang pejabat rumah sakit mengatakan Abe tampak dalam kondisi kritis meski sebelumnya sadar dan responsive saat diterbangkan ke Rumah Sakit.

Polisi mengatakan seorang pria berusia 41 tahun yang dicurigai melakukan penembakan telah ditangkap. NHK mengutip tersangka, Tetsuya Yamagami, yang mengatakan kepada polisi bahwa dia tidak puas dengan Abe dan ingin membunuhnya.

“Tindakan barbar seperti itu tidak dapat ditoleransi,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno kepada wartawan, menambahkan bahwa Abe telah ditembak sekitar pukul 11:30 (0230 GMT).

NHK menunjukkan video Abe berpidato di luar stasiun kereta api ketika dua tembakan terdengar, setelah itu pandangan dikaburkan sebentar dan kemudian petugas keamanan terlihat menangkap seorang pria dengan T-shirt abu-abu dan celana panjang krem. Kepulan asap di belakang Abe terlihat dalam video lain yang ditayangkan di NHK.

Kyodo menerbitkan sebuah foto yang menunjukkan Abe berbaring telungkup di jalan dengan pagar pembatas, darah di kemeja putihnya. Orang-orang berkerumun di sekelilingnya, salah satunya melakukan pijat jantung.

Sementara itu, TBS Television melaporkan bahwa Abe telah ditembak di sisi kiri dadanya dan tampaknya juga di leher.

Kekerasan politik jarang terjadi di Jepang, negara dengan peraturan senjata yang ketat.

Pada tahun 2007 mayor Nagasaki ditembak dan dibunuh oleh gangster yakuza. Ketua Partai Sosialis Jepang dibunuh dalam sebuah pidato pada tahun 1960 oleh seorang pemuda sayap kanan dengan pedang pendek samurai.

“Saya pikir itu petasan pada awalnya,” kata seorang pengamat kepada NHK.

Airo Hino, profesor ilmu politik di Universitas Waseda, mengatakan penembakan seperti itu belum pernah terjadi sebelumnya di Jepang. “Belum pernah ada yang seperti ini,” katanya.

Polisi mengatakan tersangka penembak adalah warga Nara. Media mengatakan dia pernah bertugas di militer Jepang.

Abe menjabat dua periode sebagai perdana menteri, mengundurkan diri pada 2020 dengan alasan kesehatan yang buruk. Namun dia tetap mendominasi Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa, mengendalikan salah satu faksi utamanya.

Kishida, anak didik Abe, berharap menggunakan pemilihan itu untuk keluar dari bayang-bayang Abe dan menentukan jabatan perdana menteri, kata para analis. Kishida menangguhkan kampanye pemilihannya setelah penembakan Abe. (*/tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

15 menit ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

2 jam ago

Ribuan Warga Jabar Ikuti Senam Bersama Porpi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ribuan warga dari kabupaten/Kota di Jabar ikuti Senam Bersama Persatuan Olahraga Pernafasan…

3 jam ago

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

16 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

16 jam ago