Categories: HEADLINEPASPENDIDIKAN

Bangga! 4 Mahasiswi STKIP Pasundan Lolos Pertukaran Mahasiswa Merdeka

ADVERTISEMENT

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM– Sebanyak empat mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Pasundan angkatan 2020 berhasil lolos dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Program PMM ini diselenggarakan oleh kemendikbud ristek yang bekerja sama dengan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).

Adapun ke empat mahasiswa tersebut diantaranya Ai Firda yang akan belajar di Universitas Syiah Kuala Aceh, Ginarty Goniyu ke Universitas Neger Medan, Kikifah Dhiya ke Universitas Andalas Padang dan Ulfah Izza Afidah ke Universitas Pendidikan Ganesha Bali.

Salah satu mahasiswa yang lolos, Ai Firda Nurazijah mengatakan bahwa dirinya Lolos sebagai Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ke dua, di mana pada semester 5 mendatang akan berkuliah di Universitas Syiah Kuala Aceh selama satu semester.

“Kebetulan ini adalah prestasi pertama yang saya peroleh dalam skala Nasional. Tentunya Saya sangat senang dan merasa bangga terhadap usaha saya selama ini yang merupakan berkat do’a dan restu dari orang tua saya yang selalu mendukung langkah yang saya ambil,” ujarnya.

“Saya selalu berusaha untuk mempelajari hal hal baru baik di dalam dan di luar kampus, dan Alhamdulillah kali ini saya diberikan kesempatan untuk belajar di luar kampus dan di luar pulau jawa sekaligus tepatnya saya akan belajar di kota serambi mekah (Aceh). Saya merasa beruntung bisa lolos di dalam program ini, setelah bersaing dengan kurang lebih 35ribu mahasiswa yang tersebar di berbagai universitas di indonesia,” imbuhnya.

Agar dapat lolos dalam seleksi pertukaran mahasiswa ini, sambung Ai, hal terpenting yang ia siapkan adalah fisik dan mental.

“Saya harus terus menjaga kesehatan saya agar saya dapat mengikuti program ini sampai selesai karena program ini di adakan jauh di luar daerah saya tinggal yang tentunya jauh dari pengawasan orang tua, dan mental juga saya persiapkan karena ini adalah program yang diadakan di luar suku saya yaitu sunda, tentunya akan banyak perbedaan yang saya hadapi baik dari segi bahasa, pakaian, kebiasaan dan lain-lain, saya tentunya harus mempersiapkan mental agar tidak terjadi culture shock,” tuturnya kepada PASJABAR, Selasa (12/7/2022).

Soal tantangan, Ai bercerita bahwa ia harus rela jauh dari keluarga selama satu semester, maka dari itu ia harus lebih pintar mengelola keuangan dan lebih fokus kuliah agar ia tidak kewalahan berkuliah di Universitas Negeri tertua di Aceh tersebut.

“Kemudian hambatan yang saya alami adalah ketika proses seleksi PMM2, ketika Saya diminta untuk melengkapi berkas berkas yang sulit dan memerlukan waktu yang cukup banyak untuk memenuhinya. Salahsatunya saya mengalami kesulitan dalam pengurusan BPJS, sehingga saya harus bolak balik ke kantor BPJS. Tapi Alhamdulillah dengan kesabaran dan perjuangan, saya berhasil menyelesaikannya,” lanjutnya.

Ai pun berharap kedepannya bisa menyelesaikan program ini dengan baik dan menjadi peserta PMM2 terbaik di USK. Ia mampu menyelesaikan misi yang di berikan oleh Pimpinan STKIP Pasundan yaitu membuktikan bahwa para mahasiswa STKIP Pasundan adalah mahasiswa yang berprestasi.

“Semoga tahun berikutnya saya juga lolos di program MBKM lainnya,” ucapnya.

“Saya juga berpesan untuk terus semangat mempelajari hal hal baru di manapun dan kapanpun selama masih ada kesempatan, karena itu salah satu cara untuk membuat kita lebih maju,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Bawaslu Kabupaten Bandung Minta KPU Petakan Kerawanan Penyimpanan Logistik Dan Terapkan SOP

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Bandung meminta KPU kabupaten Bandung membuat…

30 menit ago

Humaira Zahrotun Noor: Pendidikan Jawa Barat 2025 Harus Lebih Adil untuk Semua!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pendidikan di Jawa Barat mendapat sorotan dari anggota DPRD Provinsi Jawa Barat,…

2 jam ago

Bantuan dari Kang DS, Pedagang Ini Ungkap Dapat Pinjaman Tanpa Bunga

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Suryana warga Banjaran kabupaten Bandung menceritakan pengalamannya mendapat bantuan pinjaman tanpa bunga…

3 jam ago

Dinas Pendidikan Kota Cimahi Gelar Gebyar Pesdiktara Tahun 2024

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM -- Dalam rangka meningkatkan minat, bakat, daya saing dan kemampuan para siswa Peserta…

15 jam ago

Pesangon Roberto Mancini Mencapai Rp 339 Miliar

WWW.PASJABAR.COM -- Roberto Mancini dipecat Timnas Arab Saudi. Walaupun demikian, pesangon Roberto Mancini dari Timnas…

17 jam ago

Pelatih Baru Arab Saudi Diumumkan dalam Waktu Dekat

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih baru Arab Saudi, rival Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona…

18 jam ago