HEADLINE

KOM Unpas Unggul dalam Berorganisasi, Hebat dalam Prestasi!

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Terciptanya Insan Koordinator Olahraga Mahasiswa Universitas Pasundan yang Unggul dalam berorganisasi, berprestasi di tingkat Internasional dilandasi Nilai Kesundaan dan Keislaman adalah visi dari UKM Koordinator Olahraga Mahasiswa (KOM) Universitas Pasundan.

Ketua Umum UKM Koordinator Olahraga Mahasiswa UNPAS, Rafi Nurul Faturohman menyampaikan bahwa UKM ini juga memiliki misi untuk memelihara dan mengembangkan persatuan dan kesatuan Mahasiswa Universitas Pasundan.

“Kami juga ikut Aktif dalam mengembangkan kegiatan di Universitas Pasundan dan berupaya menciptakan kader-kader mahasiswa unpas yang berkualitas dalam bidang organisasi dan bidang olahraga,” tuturnya.

Di samping itu sambung Rafi, KOM juga berupaya membina dan menampung minat serta bakat mahasiswa di bidang olahraga serta membina dan mengembangkan prestasi atlet unpas di tingkat internasional.

“Tidak lupa kami juga selalu menerapkan nilai-nilai kesundaan dan keislaman dalam aktivitas organisasi KOM UNPAS,” tambahnya.

Lebih lanjut Rafi memaparkan bahwa Koordinator Olahraga Mahasiswa merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dan mewadahi minat dan bakat mahasiswa di Universitas Pasundan dalam bidang olahraga .

Pada awalnya KOM UNPAS terbentuk dari beberapa unit kegiatan olahraga yang pada saat itu masih terpisah.

Kemudian pada tanggal 19 mei 1984 didirikanlah satu unit kegiatan mahasiswa yang bernama Koordinator Olahraga Mahasiswa Universitas Pasundan atau yang disingkat (KOM) .

“Untuk agenda rutin tahunan salah satunya kita ada PAB (pelantikan anggota baru ) Kom Unpas, yang bertujuan untuk regenerasi keanggotaan kom unpas setiap tahunya dan untuk kegiatan yang lain nya kita biasanya ada kegiatan internal maupun eksternal dengan organisasi luar kampus yang sesama di bidang keolahragaan,” ulasnya.

Setiap tahunnya KOM juga selalu menggelar program unggulan yaitu menyelenggarakan kejuaraan untuk pihak eksternal.

“Untuk event unggulan yang sudah KOM selenggarakan yaitu Unpas Futsal Cup 1-9, Unpas Karate Cup 1-3 dan untuk yang terakhir kita selenggarakan kemarin di tanggal 19-22 juni yaitu Unpas Basketball Championship 1 , tingkat Antar SMA/K Sederajat se-Jawa barat,” tuturnya.

Adapun anggota KOM UNPAS saat ini selama 3 tahun terakhir (PAB 28,29,30) ada terdaftar sekitar 168 anggota, untuk tahun ini anggota terakhir kita dari angkatan 30.

“Keanggotaan KOM UNPAS itu Keanggotaan nya seumur hidup jadi anggota KOM UNPAS dari angkatan sampai angkatan 30 alhamdulillah masih aktif dalam kegiatan KOM setiap tahunnya,” tuturnya kepada PASJABAR, Kamis (14/8/2022).

Adapun prestasi yang sudah diraih KOM Unpas diantaranya Juara 1,2,3 di kejuaraan pakubumi open IV (1emas,2perak,1perunggu), Juara 1,2,3 di kejuaraan pakubumi open V (2emas,1perak,2perunggu), Juara 3 pencak silat kuningan open (1 perunggu ) dan Juara 1,2,3 di Kejuaraan bandung lautan api championship 1 (2emas,2perak,6perunggu).

Selain itu KOM Unpas juga pernah menjadi Juara 3 di kejuaraan karate STKIP CUP , juara 1,2,3 di kejuaraan taekwondo ITN open (1emas,1perak,2perunggu), Juara 2 di Kejuaraan kick boxing fight, Juara 1 di kejuaraan buana perjuangan karawang badminton, Juara 1,2,3 di kejuaraan bandung lautan api championship (2 emas,2 perak,4perunggu), Juara umum di Kejuaraan tarung bebas nasional purbalingga (8 Emas,3 perak), Juara 3 silat virtual copmetition dan Juara 1,2,3 di kejuaraan bandung lautan championship 3 (2 emas,2 perak,2 perunggu).

“Untuk harapan saya sebagai ketua umum periode saat ini berharap KOM Unpas ke depan nya bisa lebih membawa instansi UNPAS semakin baik dengan meraih prestasi di kejuaraan olahraga di tingkat kota sampai internasional,” ulasnya.

“Saya juga berharap untuk keanggotaan KOM UNPAS bisa lebih akrab, solid, rasa kekeluargaan nya terjaga erat karena keanggotaan KOM unpas itu seumur hidup. Kemudian KOM UNPAS bisa melahirkan atlet-atlet UNPAS untuk mewakili nama UNPAS di setiap kejuaraan,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

12 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

35 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago