PASHIBURAN

Ingin Menikmati Horor Dengan Cara Beda? Cuss ke Los Harewos Audio Experience!

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Bandung Creative Movement 2022 (BCM 2022) menghadirkan kolaborasi dengan Creatilatory menggagas Los Harewos Audio Experience (LHAE).

LHAE adalah sebuah pertunjukan audio bergenre horor pada 29-31 Juli 2022, di De Majestic, Bandung.

Pertunjukan LHAE ini digadang-gadang menjadi pertunjukan audio pertama yang menggunakan tata suara 5.1 surround system di Indonesia.

“Pada umumnya, cerita horor dinikmati dalam bentuk visual, baik berupa film maupun teatrikal. LHAE menawarkan pengalaman yang berbeda, yakni menikmati kisah horor melalui cerita dalam format audio,” jelas Dekan Fakultas Industri Kreatif Telkom University, Dr. Roro Retno Wulan, S.Sos.,M.Pd. dalam rilis yang diterima PASJABAR,  (25/7/2022).

Mengusung tagline “watch with your ears”, LHAE akan menjadi pembuka jalan bagi pertunjukan audio di Indonesia. Dengan sistem suara 5.1 surround system, audiens akan dimanjakan oleh lima saluran speaker dan satu saluran subwoofer.

Gelaran ini merupakan salah satu terobosan baru di ranah dunia hiburan. Audiens diharuskan untuk datang ke studio, duduk di kursi; bukan untuk menonton film, melainkan hanya mendengarkan cerita dalam format audio, dengan tata suara melingkar. Kondisi ini akan membuat theatre of mind penonton akan berada di level optimal.

Cerita yang akan ditayangkan dalam LHAE bergenre horor. Menurut hasil riset, horor termasuk ke dalam genre yang cukup laris di pasaran Indonesia. Produser Pelaksana Dr. Teddy Hendiawan, S.Ds.,M.Sn., mengatakan, “Melihat antusiasme tersebut, LHAE hadir memberikan warna baru untuk horror experience di Indonesia.”

“Bukan hanya audio, sebagai pembuka, audiens juga akan disuguhi oleh sajian video dan permainan cahaya karya mahasiswa dan dosen FIK Tel-U,” sebut Teddy yang juga dosen senior di FIK Tel-U ini. “Ini menggugah kami untuk ikut dalam program pengabdian masyarakat dan riset, karena menggabungkan dua bidang: visual dan audio,” tambahnya.

Produser Pelaksana Hagi Hagoromo menyampaikan bahwa selama ini masyarakat lebih banyak dimanjakan konten visual. Sejumlah platform media sosial yang acap dikonsumsi berfokus kepada media dalam format video.

“Los Harewos Audio Experience menyediakan alternatif hiburan berbeda, dari yang selama ini sudah ada. Ini seperti mendengarkan sandiwara radio, tetapi dengan atmosfer dan ambience yang lebih nyata, karena disajikan dengan tata suara surround system,” ujar Hagi yang juga menjadi penulis cerita di pertunjukan ini.

Mengapa mengambil genre horor? Menurut Hagi, mengonsumsi konten horor akan meningkatkan adrenalin yang merangsang pengeluaran dopamin. Hormon ini akan membuat kita jadi lebih bahagia. “Perasaan bahagia itu meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa menangkal virus,” kata Hagi lagi.

Sementara itu, dalam produksi, Sutradara Ari Marifat, mengajak dua figur seniman yang cukup dikenal di tanah air untuk terlibat dalam LHAE. Mereka adalah rocker Candil dan penyanyi Tiara Effendy. Dua penyanyi asal Bandung didapuk menjadi pengisi suara dua karakter dalam pertunjukan ini.

Penyanyi Tiara Effendy mengakui, “Ini pengalaman baru yang menurutku worth to try. Dari konsep awalnya udah bagus banget dan beda dari pengalaman horor lainnya.”

Ari menjelaskan, keahlian mendengarkan perlu dilatih untuk membangun theater of mind, melatih imajinasi, dan meningkatkan kreativitas.

Kegiatan ini akan sangat berguna dalam kehidupan, terutama saat menghadapi berbagai tantangan pekerjaan. Salah satunya dengan menghadiri pertunjukan semacam LHAE ini.

Pertunjukan yang diadakan selama tiga hari ini mulai membuka penjualan tiket pada minggu pertama Juli 2022. Masyarakat bisa membeli tiket melalui Ticket Box di EduPlex, Jl. Ir. H Juanda [Dago] No 84, Bandung, atau via nomor WhatsApp di 0821-1742-0530.

“Selama tiga minggu pertama, kami memberlakukan promo early bird, membeli 2 tiket gratis 1 tiket tambahan,” jelas Hagi.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui media sosial resmi, seperti di Instagram, Tiktok, Twitter, dan Facebook @losharewos atau website www.losharewos.com.

“Akan menjadi suatu pengalaman seru yang menegangkan, semua panca indra kita, bahkan sampai ke indra ke-6!!! Nah lhoooo!!” tutup rocker Candil. (*/Tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

11 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

11 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

11 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

12 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

12 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

14 jam ago