HEADLINE

Ini Manfaat Rumput Laut Asal Sayang Heulang Ternyata Bisa Jadi Obat

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMTernyata selain memiliki pantai yang indah, biota di kawasan wisata Sayang Heulang di Cianjur Selatan ini juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan dan obat.

Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Handajaya Rusli, S.Si., M.Si., yang merupakan Tim penelitian Laboratorium Kimia Analitik ITB.

“Tim penelitian Laboratorium Kimia Analitik ITB telah meneliti dan menganalisis rumput laut yang disampel di Pantai Sayang Heulang. Penelitian menunjukkan bahwa empat kandungan utama berturut-turut selain air pada rumput laut adalah abu (mineral), karbohidrat, protein, dan lemak. Jenis karbohidrat yang ditemukan bukanlah amilosa dan amilopektin, melainan jenis karbohidrat lain yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, lemak yang terkandung dalam rumput laut bukan hanya asam lemak yang umum dikonsumsi, namun juga fospolipid, glikolipid, sterol, dan oksilipins,” ujar Handajaya, seperti dikutip www.Pasjabar.com , dari situsrersmi itb.ac.id, Minggu (31/7/2022).

Diungkapkannya, Sayang Heulang kaya akan berbagai jenis rumput laut yang bisa diolah menjadi produk bernilai tinggi. Dan timnya menemukan tiga jenis rumput laut utama, yaitu Sargassum sp, Gracilaria sp, dan Ulva lactuca.

“Fakta ini menunjukkan bahwa beberapa jenis rumput laut dapat membantu pengobatan kolesterol. Aplikasi lain adalah isolasi alginat dan agarosa, pembuatan isian minuman, salad, permen, serta nori lokal,” kata Dr. Handajaya. Penelitian tentang potensi rumput laut di Pantai Sayang Heulang dilakukan oleh Dr. Handajaya Rusli, S.Si., M.Si., dari Kelompok Keahlian Kimia Analitik ITB.

Dengan berbagai kekayaan baik dalam sektor sumber daya alam maupun wisata ini, Pantai Sayang Heulang memiliki potensi tinggi untuk dijadikan lokasi agrowisata.

“Dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin didirikan lembaga penelitian yang difokuskan untuk pengembangan rumput laut di Pantai Sayang Heulang. Terakhir dan tidak kalah penting adalah peran para investor yang serius, sehingga hasil panen rumput laut dapat diolah menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Apabila dilakukan dengan tepat, pengembangan ini dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak yang berkontribusi, dan membuat pantai Sayang Heulang lebih populer di kalangan wisatawan,” tuturnya. (*/tie)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kepemimpinan Khalifah dalam Islam untuk Memelihara Alam Semesta

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM —…

13 menit ago

Timnas Indonesia U-20 Cukur Maladewa 4 Gol Tanpa Balas

WWW.PASJABAR.COM – Timnas Indonesia U-20 tampil cemerlang dengan mencetak tiga gol indah dalam waktu lima…

11 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

11 jam ago

Akses Jalan Ditutup Tembok Setinggi 3 Meter, Akses Warga Terganggu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebuah gang di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung ditutup tembok. Akibatnya…

11 jam ago

Pemkot Bandung Siap Hadapi Musim Hujan, Fokus Antisipasi Banjir dan Sampah Liar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mempersiapkan berbagai langkah antisipatif untuk menghadapi potensi…

11 jam ago

Peningkatan Produksi Pertanian dalam PKM di Sumedang

SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM -- Dalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) program studi…

11 jam ago