HEADLINE

Timnas U-16 Juara Piala AFF U-16, Begini Perjalanan Garuda Muda Bisa Juara

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Piala AFF U-16 kembali milik Indonesia. Setelah dalam pertandingan final AFF U-16, timnas U-16 mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Perjuangan garuda muda menjadi hadiah terindah untuk Indonesia yang akan merayakan hari kemerdekaan ke 77 tahun.

Pada pertandingan final di Stadion Maguwoharjo, Sleman Jumat malam (12/8/2022), timnas U-16 berhasil menjebol gawang Vietnam di babak pertama menit ke 45+1, lewat gol indah dari kaki kiri gelandang Timnas Kafiatur Rizky.

Ini menjadi gelar kedua timnas U-16 menjadi juara, sebelum pada tahun 2018, garuda muda berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Thailand lewat adu penalti 4-3.

Gelar kedua ini terasa berbeda karena perhelatan AFF U-16 sempat terhenti akibat Covid-19. Dan tepat 4 hari menjelang hari kemerdekaan Indonesia ke 77 tahun.

Perjalan garuda muda memang sangat menyakinkan hingga akhirnya keluar sebagai juara. Pada babak penyisihkan grup Timnas berada di grup A bersama Vietnam, Philipina dan Singapura.

Pertandingan

Dipertandingan pertama garuda muda mengalahkan Timnas U16 Philipina dengan skor 2-0. Kemudian pertandingan kedua Timnas Indonesia mempecundangi Timnas Singapura 9-0. Dan mengalahkan Vietnam 2-1.

Mengumpulkan 9 poin garuda muda menjadi juara grup A, lolos ke semifinal. Di semifinal Garuda muda bertemu Myanmar juara grup C. Garuda muda berhasil mengalahkan Myanmar 5-4 melalui drama adu penalti, setelah selama 2 kali 45 menit hasil pertandingan imbang 1-1.

Di Final akhirnya garuda muda keluar menjadi juara dengan skor 1-0 mengalahkan Vietnam. Atas prestasi tersebut banyak pejabat ramai memposting timnas U-16 keluar sebagai pemenang.

Selain warga, sejumlah menteri memberi ucapan melalui media sosial instagram.

seperti yang diposting Menparekraf, Sandiaga Uno. Dalam postingan menparekraf menulis “Alhamdulillah..Timnas Indonesia juara piala AFF U-16 !! Menaklukan Vietnam dengan skor 1-0.”

Sedangkan Menteri BUMN Erick Thohir, menulis “Selamat kepada Timnas Indonesia!”

“Setelah 4 tahun merindukan kejuaraan di piala AFF U-16, hari ini Indonesia kembali menjadi juara AFF U16 Boys Championship 2022. Terima kasih atas perjuangannya. Indonesia bangga,” sambungnya.

Sedangkan pencetak gol semata wayang M. Kafiatur Rizky, di Instagram @kafiatur9 memposting timnya juara AFF, dan memposting ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas dukunganya.

“Ini menjadi hadiah terindah di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun” katanya. (jbe)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

12 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

12 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

13 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

13 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

13 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

15 jam ago