PASNUSANTARA

Kemendikbudristek: Merdeka Belajar Upaya Perluasan Akses Pendidikan

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan Merdeka Belajar sebagai upayauntuk memperluas akses pendidikan yang berkualitas.

“Kita telah membuktikan upaya untuk memperluas akses pendidikan yang berkualitas dengan berbagai terobosan, dengan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Serta berbagai program dukungan beasiswa,” ujar Mendikbudristek Nadiem Makarim pada upacara berbeda peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia yang dipantau di Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Kebijakan tersebut juga meyakinkan bahwa generasi muda Indonesia terlatih dengan dunia kerja dan masyarakat sejak kuliah melalui program belajar di luar kampus. Semua itu bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pada bidang kebudayaan, Kemendikbudristek mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar menghasilkan karya terbaiknya.

“Inisiatif ini adalah kelanjutan dana abadi kebudayaan dan juga ada kanal budaya pertama di Indonesia yang telah diluncurkan, yang telah memberikan manfaat yang banyak bagi negara kita,” jelasnya.

Saat ini, baru terdapat 21 episode Merdeka Belajar. Nadiem menyebut akan banyak episode Merdeka Belajar yang diluncurkan. Sehingga anak Indonesia dapat belajar dengan bahagia. Berkarya tanpa hambatan dan berlari menyongsong dengan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

43 menit ago

Diserbu Bobotoh Henhen Tutup Kolom Komentar Instagramnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Buntut insiden intimidasi yang diduga dilakukan beberapa beberapa pemain Persib kepada bobotoh,…

56 menit ago

5.000 Umat Muslim Bandung Gelar Aksi Bela Palestina

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lebih dari 5.000 umat Muslim di Kota Bandung menggelar aksi unjuk rasa…

2 jam ago

372 Mahasiswa Magister dan Doktor Pascasarjana Unpas Ikuti Matrikulasi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak 372 mahasiswa program Doktor dan Magister Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) mengikuti…

2 jam ago

Persib Diguncang Kabar Pemain Intimidasi Bobotoh

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kabar tak sedap datang dari Persib Bandung. Beredar kabar pemain Persib ada…

3 jam ago

Harga Pangan Bervariasi: Ayam dan Cabai Turun, Bawang Melonjak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pada Sabtu (21/9/2024) pagi, harga beberapa komoditas pangan seperti daging ayam ras,…

4 jam ago