PASJABAR

Purwakarta Pastikan Tak Ada Lagi Desa Tertinggal

ADVERTISEMENT

Purwakarta, WWW.PASJABAR.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menyebutkan saat ini tidak ada desa di Purwakarta yang berstatus tertinggal dan sangat tertinggal.

“Berdasarkan data IDM (Indeks Desa Membangun), kini desa di Kabupaten Purwakarta sudah masuk kategori maju. Tidak ada yang berstatus tertinggal dan sangat tertinggal,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Purwakarta Jaya Pranolo, di Purwakarta, Senin.

Dilansir Dari Antara News ia mengatakan dari 183 desa yang ada di Purwakarta, sebanyak 24 desa di antaranya berstatus desa mandiri. 75 desa maju dan 84 desa berkembang.

“Untuk desa tertinggal dan desa sangat tertinggal sudah tidak ada alias nihil. Pada 2020, kita belum memiliki desa dengan status desa mandiri. hari ini kita sudah punya 24 desa berstatus desa mandiri,” katanya.

Sementara itu, pada Senin ini Pemkab Purwakarta menggelar kegiatan peningkatan kapasitas bagi kepala desa se-Purwakarta.

“Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang sama bagi para kepala desa di Purwakarta. Untuk mewujudkan visi dan misi Purwakarta,” kata dia.

Sementara itu. berkaitan dengan kegiatan peningkatan kapasitas kepala desa. Jaya mengatakan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh jajaran DPMD setiap tahunnya.

Tujuan dari kegiatan tersebut diantaranya; untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan bagi seluruh kepala desa di Kabupaten Purwakarta.  dalam penyelenggaraan pemerintahan pembangunan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa.

Para kepala desa juga harus siap mensukseskan program-program Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta. Dengan berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan, DPPKB dan Perangkat Daerah lain beserta stakeholder untuk fokus mensukseskan Kabupaten Purwakarta menjadi Kota Sehat pada 2023 mendatang, ungkap Jaya.

(Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

4 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

5 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

6 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

6 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

7 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

7 jam ago