PASJABAR

Banjir Rob di Pantai Batu Hiu Menerjang Parkiran Hingga Warung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sejumlah pesisir pantai di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat terdampak banjir rob atau gelombang pasang pada Selasa (30/8/2022) kemarin. Banjir rob salah satunya terjadi di Pantai Batu Hiu.

Banjir rob di pesisir pantai Batu Hiu sampai menerjang parkiran hingga ke warung-warung yang ada di sekitar pantai. Dilansir dari berbagai sumber, ketinggian gelombang air di Pantai Batu Hiu mencapai 6 meter. Namun air yang menerjang ke daratan tak lebih dari 30 sentimenter.

Sebelumya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah memberikan peringatan dini mengenai banjir rob di pesisir pantai selatan. Pasalnya ada fenomena fase Bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke Bumi) pada 10 Agustus 2022 lalu.

“Adanya fenomena fase bulan baru dan peningkatan kecepatan angin yang konsisten hingga 46 km/jam di pesisir selatan Jawa mengakibatkan gelombang tinggi mencapai 4,0-6,0 m (meter),” tulis BMKG dalam rilisnya, Selasa (26/7/2022) lalu.

BMKG menyebut bahwa berdasar analisis dan prediksi pasang surut serta adanya potensi angin kencang dan gelombang tinggi, kondisi banjir pesisir dapat berlangsung tanggal 26-27 Juli 2022 di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tegah, dan Jawa Timur.

“Ketinggian banjir pesisir berbeda di tiap wilayah. Namun demikian, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garap dan perikanan darat,” jelas rilis tersebut.

Sementara itu, Tim Disaster Unit Jabar Quick langsung bergerak dan berangkat ke Pantai Selatan dan melakukan monitoring serta assessment dampak-dampak banjir rob di pesisir Pantai Batu Hiu.

“Mohon doanya wargi Jabar, semoga kami semua diberikan keselamatan,” tulis akun jabarquickresponse yang dikutip Pas Jabar pada Rabu (31/8/2022).

Mereka juga mengimbau untuk seluruh warga Jawa Barat yang berada di pesisir pantai selatan untuk tetap waspada dan berhati-hati. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

21 menit ago

Edo dan Ciro Bawa Persib Menang 2-0 atas Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akhirnya kembali merasakna kemenangan. Dua gol kemenangan Persib dicetak masing-masing…

1 jam ago

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

2 jam ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

3 jam ago

Satu Tahun Beroperasi, Kereta Cepat Whoosh Angkut 5,8 Juta Penumpang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pencapaian signifikan dengan mengangkut 5,8…

3 jam ago

Belantara Foundation dan Jepang Tanam Bibit Pohon Langka di Riau

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Belantara Foundation bersama mitra dari sektor swasta Jepang melaksanakan penanaman bibit pohon…

4 jam ago