HEADLINE

Promosi Doktor Trisa Nur Kania Analisis Keberhasilan BUMDES

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Trisa Nur Kania, mahasiswi program doktor Ilmu Sosial pada Rabu, (31/8/2022).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung ini diketuai oleh rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Implementasi Perspektif Keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (Studi Benchmarking Process Pada BUMDes Di Kecamatan Banjarsari dan BUMDES Niagara).

Tim promotor diketuai oleh Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi. M.Si dan Prof. Dr. H. Bambang Heru Purwanto. M.S sebagai anggota.

Trisa mengungkapkan bahwa BUMDes berperan dalam pemberdayaan sektor ekonomi di desa untuk mendukung masyarakat yang lebih sejahtera dan mandiri.

“Pada kenyataannya masih banyak BUMDes yang belum mampu mengimplementasikan perspektif keberhasilan badan usaha terkait dengan tujuan pendirian BUMDes, yaitu dalam konteks : surplus keuangan, peningkatan pelanggan, pemerintah desa, masyarakat, kegiatan operasional, pembelajaran pegawai dan lingkungan,” ujarnya.

Akibatnya, terang Trisa, BUMDes masih jauh dari kemampuan mencapai fungsi-fungsi bisnis sebagai badan usaha. Kondisi ini yang melatarbelakangi penelitian dilakukan pada BUMDes di Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis dan di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

“Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat model konseptual keberhasilan usaha, khususnya untuk menjadi referensi dalam merencanakan manajemen divisi usaha baru bagi BUMDes sasaran studi, yang dapat dilakukan secara berkesinambungan supaya memperoleh pendapatan tetap bagi organisasi,” tandasnya.

Metode penelitian yang digunakan adalah Concurrent Embedded Mix Method dengan pertimbangan bahwa penelitian ini membutuhkan data yang meliputi tiga pihak yaitu pimpinan dan pegawai badan usaha, pemerintah desa dan masyarakat desa yang berperan sebagai mitra usaha, serta sebagai pembeli produk atau pengguna jasa yang dilayani BUMDes.

“Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor penentu keberhasilan usaha yang dicapai oleh BUMDes Niagara, khususnya pada divisi pasar desa, terdiri dari : inisiatif pemerintah dan inisiatif masyarakat, keberadaan pasar desa dapat menghidupkan sektor pekerjaan informal, dukungan dari pemerintah desa, dukungan dari masyarakat desa, kepemimpinan, loyalitas pegawai, memanfaatkan mitra usaha dan memperkuat fungsi bisnis dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” paparnya.

Berdasarkan hasil temuan tersebut, maka dapat dibuat model konseptual keberhasilan pasar desa yang menjadi rujukan di dalam mengkreasi divisi usaha baru bagi BUMDes sasaran studi, melalui modifikasi tertentu sehingga dapat dirintis sebuah aktivitas usaha yang diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Saran berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya pengelola BUMDes sasaran studi mempertimbangkan untuk mempelajari rekomendasi yang disampaikan agar mereka memiliki peluang aktivitas usaha yang berkelanjutan dengan melibatkan potensi dan atau sumber daya internal serta sumber daya eksternal organisasi yang dimiliki oleh masing-masing BUMDes,” paparnya.

Hasil dari sidang ini, Trisa Nur Kania pun dinyatakan lulus dengan IPK 3,64 dan hasil yudisium sangat memuaskan.

Trisa yang saat ini berprofesi sebagai Dosen di FISIP Unpas mengaku senang selama berkuliah di Unpas kendati mengalami berbagai kendala.

“Senang ya kuliah di Unpas, hanya saja ada kendala saat saya menyusun disertasi karena pademi Covid, sehingga agak lama, namun akhirnya bisa selesai juga,” tuturnya.

“Mudah-mudahan ke depan Unpas bisa lebih maju dan lebih banyak mahasiswanya, semoga yang sudah baik dapat terus dipertahankan,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

20 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

4 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago